News
Rabu, 17 September 2014 - 15:35 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Ratusan Profesional Diburu Jokowi, Belum Tentu Mau Jadi Menteri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Jokowi) (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menerima lebih dari 200 usulan nama kandidat menteri yang berasal dari kalangan profesional murni. Jokowi akan menempatkan kalangan profesional itu di 18 kementerian.

Ratusan nama tersebut diperoleh dari hasil pencarian tim head hunter yang dibentuk oleh Jokowi. Selain itu Jokowi, wakil presiden terpilih Jusuf Kalla juga punya preferensi sendiri yang berasal dari chief executive officer (CEO) perusahaan berbagai bidang.

Advertisement

“Yang disaring 200, ada yang dari finance, BUMN, KAI, banyak, ada dari pertanian,” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Sederet nama tersebut akan melalui proses seleksi berupa fit and proper test pada bulan Oktober mendatang sesuai kompetensi untuk 18 kementerian. Jokowi telah menetapkan 34 kementerian dalam kabinet pemerintahannya terdiri 18 menteri profesional dan 16 menteri profesional partai.

Menurutnya, proses seleksi tidak mudah karena belum tentu kandidat yang sesuai kriteria bersedia menduduki jabatan menteri kabinet Jokowi-JK. Oleh karena itu Jokowi bersedia menerima usulan kandidat terbaik dari masyarakat. “Belum tentu mereka mau, mereka mungkin lebih senang di swasta saja,” ujar Jokowi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif