Sport
Selasa, 16 September 2014 - 11:25 WIB

PEFORMA PEMAIN : Diterpa Kritik, Mesut Ozil Dibela Wenger

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Performa Mesut Ozil dinilai menurun. Namun dia tetap dianggap pemain krusial. Ist/skysports.com

Solopos.com, DORTMUND— Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, kembali mendapatkan kritikan dari pendukungnya. Namun, manajer Arsenal, Arsene Wenger, membela anak buahnya itu dengan menyebutnya sebagai pemain krusial bagi tim berjuluk The Gunners tersebut.

Ozil diboyong Wenger dari Real Madrid ke Arsenal dengan banderol 42,5 juta poundsterling (Rp826,7 miliar) pada awal musim lalu. Ia sempat mendapatkan kritikan karena permainannya dianggap menurun dibandingkan ketika awal musim 2013/2014.

Advertisement

Musim ini, Ozil juga belum menorehkan performa mengesankan. Whoscored mencatat, pemain asal Jerman berusia 25 tahun tersebut belum pernah mencetak gol dan assist dalam tiga laga pertamanya di Liga Premier 2014/2015. Dalam periode tersebut, Ozil juga hanya menorehkan empat tembakan.

Tak ayal, Ozil akan menjadi sorotan apabila diturunkan melawan Borussia Dortmund pada laga pembuka Grup D Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (17/9/2014) dini hari WIB. Pemain yang memiliki darah campuran Turki tersebut harus menorehkan penampilan mengesankan agar tidak kembali jadi sasaran kritik pendukungnya sendiri.

“Orang-orang selalu mengungkit hal seperti ini tentang dia. Dia bekerja keras melawan [Manchester] City [Arsenal ditahan imbang 2-2 di Emirates] dan dia bermain dengan sangat baik. Anda akan melihat Ozil yang bagus ketika Anda menyaksikan laga kembali. Kemudian Anda akan menyadari saat ini, kualitas operan atau umpan-umpannya dan terkadang Anda bakal frustrasi sepanjang laga, namun Anda tidak harus bereaksi berlebihan,” beber Wenger, seperti dilansir Sky Sports, Senin (15/9).

Advertisement

“Ketika Anda menyaksikan laga dengan cara dingin, Anda akan melihat berapa bagusnya pemain itu. Saya punya beberapa pemain ofensif. Saya memberinya kebebasan untuk bermain di luar dan dalam posisi, dan dia melakukannya. Ini tidak mudah, namun Ozil merupakan pemain yang penting untuk tim dan dia melakukannya dengan sangat baik,” lanjut Wenger.

Saat masih mengenakan kostum Madrid pada 2012/2013, Ozil dipertemukan dengan Dortmund selama empat kali. Dia membantu mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit ke-89 untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di fase grup yang digelar di Santiago Bernabeu.

Sementara ketika masih berseragam Schalke dan Werder Bremen, Ozil tercatat delapan kali berhadapan dengan Die Borussen, julukan Dortmund. Ia ikut mencetak gol ketika membawa Bremen menahan imbang Dortmund 1-1 di Bremen pada 2009. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif