Soloraya
Selasa, 16 September 2014 - 00:10 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Tenaga Kesehatan Wonogiri Diburu

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian CPNS (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Tenaga kesehatan menjadi formasi yang paling diincar para calon peserta rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 di Kabupaten Wonogiri. Pasalnya, jumlah lowongan tenaga kesehatan cukup banyak.

Lowongan Tenaga kesehatan yang diincar terdiri dari perawat pertama, perawat pelaksana dan bidan pelaksana. Perinciannya, perawat pertama sebanyak lima lowongan, perawat pelaksana dan bidan pelaksana tiga lowongan.

Advertisement

Rencananya, penempatan kerja tenaga kesehatan itu di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso (SMS) dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Kabid Pengembangan Karir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Bambang Karno, mengatakan hingga sekarang jumlah calon peserta seleksi rekrutmen CPNS yang telah mendaftar secara online sebanyak 326 orang.

Advertisement

Kabid Pengembangan Karir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Bambang Karno, mengatakan hingga sekarang jumlah calon peserta seleksi rekrutmen CPNS yang telah mendaftar secara online sebanyak 326 orang.

“Berdasarkan data sementara, tenaga kesehatan menjadi formasi yang paling diincar para calon peserta seleksi CPNS. Tahun ini ada 30 formasi lowongan CPNS non kependidikan,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (15/9/2014).

Pihaknya baru menerima empat berkas persyaratan administrasi calon peserta seleksi CPNS yang dikirim melalui Kantor Pos. Kemungkinan, para calon peserta seleksi CPNS yang telah mendaftar secara online akan mengirim berkas persyaratan administrasi menjelang penutupan masa pendaftaran yakni 23 September mendatang.

Advertisement

Menurut Bambang, tes kemampuan dasar (TKD) menggunakan sistem computer asssisted test (CAT) akan dilaksanakan pada 5-24 Desember di Kantor Bakorwil II, Kota Solo.

“Kami belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan TKD Kabupaten Wonogiri karena masih berkoordinasi dengan BKD Provinsi Jateng,” papar dia.

Lebih jauh, Bambang menjelaskan hanya dua wilayah di Soloraya yang tidak melaksanakan rekrutmen CPNS yakni Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar. Sebenarnya, Kabupaten Sukoharjo mendapat jatah 30 formasi CPNS. Lantaran jumlah formasi CPNS sedikit maka dibatalkan dan dikembalikan ke Pemerintah Pusat.

Advertisement

BKD Wonogiri telah mengajukan usulan rekrutmen CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sebanyak 3.471 formasi pada Februari lalu.

Namun, Pemerintah Pusat hanya menyetujui 30 formasi pada tahun ini. “Kami masih kekurangan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) karena realisasi formasi yang disetujui Pemerintah Pusat jauh lebih sedikit dibanding jumlah usulan rekrutmen CPNS.”

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah, menambahkan pihaknya meminta agar masyarakat mewaspadai aksi penipuan yang dilakukan para calo CPNS.

Advertisement

Pihaknya menegaskan rekrutmen CPNS transparan dan akuntabel lantaran dilaksanakan langsung oleh panitia seleksi nasional dari Pemerintah Pusat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif