News
Selasa, 16 September 2014 - 11:45 WIB

KISAH UNIK : Replika Kemegahan Bahtera Nabi Nuh Dibangun di India

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Replika bahtera Nabi Nuh (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah replika bahtera Nabi Nuh dibangun di negara bagian Kerala, India. Pembangunan ini tentu akan membawa banyak orang melihat kemegahan bahtera Nabi Nuh yang mampu menyelamatkan ia beserta pengikutnya dari dahsyatnya air bah.

Menurut salah satu perancang dari Departmen Museum Timur Tengah di Inggris, replika bahtera tersebut dibangun cukup besar untuk menampung beberapa hewan ternak sebagaimana yang tercantum dalam kisahnya. Dalam sebuah artefak yang ditemukan, lantai dasar bahtera Nabi Nuh lantai dibangun dari 30 tulang rusuk dan 3.600 penyangga.

Advertisement

Tim membuat replika bahtera Nabi Nuh hampir mirip dengan aslinya. Dibangun di Kerala, India selama empat bulan, pembangunan itu bahkan disiarkan secara langsung di sebuah stasiun televisi hingga replika tersebut dirampungkan.

Dilansir Daily Mail, Jumat (12/9/2014), replika bahtera tersebut dengan berat mencapai 35 ton dengan bahan-bahan khusus yang didatangkan secara impor maupun lokal dari India yang diangkut oleh gajah. Tim pembuat menjamin bahtera yang dibangun tidak menggunakan alat-alat modern, paku, maupun lem.

Mereka hanya menggunakan alat tradisional seperti kayu, bambu, pohon kelapa, dan tanaman untuk membuat kuncian sandi. Hal itu dilakukan untuk membuat bahtera agar menyerupai bentuk aslinya yang dibangun sekitar 4.000 tahun lalu.

Advertisement

Salah satu tim pembangun, Dr Finkel mengatakan mereka telah melakukan pengukuran yang akurat berdasarkan artefak yang berhasil ditemukan.

“Seseorang bisa menambahkan dengan data yang sesungguhnya. Angka-angka yang akurat dan masuk akal dan harus menarik dari sudut pandang secara ilmiah. Ini adalah kisah mitologi dengan petualangan tinggi, penyair berhenti untuk memberikan dimensi sehingga Anda bisa membangunnya,” ujar Dr Finkel

Pembangunan Replika bahtera Nabi Nuh (Dailymail.co.uk)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif