Soloraya
Selasa, 16 September 2014 - 13:15 WIB

KISAH TRAGIS : Jatuh dari Pohon Saat Latihan, Sekjen Tim SAR Boyolali Meninggal Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, BOYOLALI – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Tim SAR Boyolali, Jatmiko Aribowo, 26, mengalami kecelakaan saat diadakan latihan vertical rescue di Mako SAR setempat, Senin (15/9/2014).

Korban dan terjatuh dari pohon dengan ketinggian sekitar 15 meter saat latihan. Akibat luka yang dialaminya, warga Dukuh/Desa Dibal, RT 002/RW 003, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali itu mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Advertisement

Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, saat ditemui wartawan di Mako SAR setempat, Selasa (16/9/2014), membenarkan adanya kejadian tersebut.

Yoyok, sapaan akrab Kurniawan Fajar Prasetyo, menjelaskan latihan dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Jatmiko, atau yang akrab disapa Koko menjadi instruktur repling [kegiatan turun dari ketinggian dengan menggunakan peralatan mountaineering].

Koko naik ke pohon beringin yang biasa digunakan tim untuk latihan. Dia bermaksud memodifikasi simpul tali repling. Namun tiba-tiba korban terjatuh dari pohon.

Advertisement

“Kemungkinan korban terpeleset dan saat hendak menarik tali repling, korban keliru yang ditarik justru tali los. Karena di situ ada dua tali, yang satu tali pengaman dan tali los,” terang Yoyok.

Yoyok memastikan peralatan yang digunakan saat latihan Senin tersebut dalam kondisi baik sehingga aman digunakan. “Sebelum korban, peralatan repling sudah digunakan tiga orang untuk turun dari atas,” ungkap dia.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka parah di kepala dan tubuhnya. “Korban dimakamkan hari ini dan diberangkatkan dari rumah duka di Dibal ke pemakaman, pukul 13.00 WIB,” tandas Yoyok.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif