News
Selasa, 16 September 2014 - 12:36 WIB

ISIS DI INDONESIA : Paspor Diduga Palsu, 4 WNA Terduga Teroris Dibawa ke Kedubes Turki

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Empat warga negara asing (WNA) asal Turki–yang diduga sebagai teroris anggota ISIS di Indonesia–dibawa ke Kantor Kedutaan Besar Turki untuk memintak konfirmasi keaslian paspor mereka.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Ronny F. Sompie, mengatakan kepastian mengenai keaslian paspor tersebut perlu diketahui karena menyangkut unsur pidana. “Hari ini mereka dibawa ke imigrasi untuk memastikan paspor atas kewarganegaraan Turki itu asli atau tidak, sehingga bisa dipastikan kewarganegaraan sebenarnya,” ujarnya, Selasa (16/9/2014).

Advertisement

Ronny menjelaskan jika keempat WNA yang ditangkap di Poso pada Sabtu (13/9/2014) lalu tersebut bukan warga Turki, maka, keempatnya langsung dapat dikenakan pasal pemalsuan paspor.

Lebih lanjut dia menyampaikan, masuknya keempat WNA ini ke Indonesia tidak serta merta merupakan kelalaian imigrasi. Penyidik Densus 88 menduga keempatnya masuk melalui jalur air. “Orang kita ini tidak curigaan. Sifatnya membantu. Apalagi lewat jalur laut bisa naik kapal nelayan. Ini susah dilacak,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, pada Sabtu (13/9/2014) dini hari, Tim Densus 88 melakukan pembututan terhadap sebuah mobil yang berisi tujuh orang, yakni tiga WNI dan empat WNA saat menuju Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Ketujuhnya ditangkap untuk kemudian dikumpulkan keterangan terkait dengan jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Advertisement

Salah satu WNI yang ikut ditangkap bersamaan dengan warga Turki tersebut, yakni Saiful Priatna, diketahui terlibat menyembunyikan DPO teroris atas nama Mukhtar alias Romi. Nama terakhir merupakan anggota jaringan Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso. Sedangkan Saiful Priatna diketahui berprofesi sebagai guru honorer di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif