Otomotif
Selasa, 16 September 2014 - 16:50 WIB

HYPERCAR BARU : Koenigsegg Kebut Bikin Hypercar Agera One:1

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agera One:1 (JIBI/Harian Jogja/Topgear)

Harianjogja.com, STOCKHOLM — Pabrikan hypercar tercepat di dunia saat ini, Koenigsegg, tampaknya tak ingin tinggal diam melihat dua kompetitornya, Bugatti dan Hennessey mempersiapkan hypercar terbaru mereka. Memang, sebelumnya kedua pabrikan tersebut dikabarkan sedang menggarap mobil yang sanggup menembus kecepatan lebih dari 450 kilometer per jam.

Koenigsegg sendiri sebelumnya sukses memperkenalkan Agera One:1 di ajang Geneva Motor Show pada bulan Maret lalu yang merupakan mobil dengan kecepatan puncak terbaik di dunia. Kali ini, Koenigsegg terlihat sedang melakukan uji coba dari Agera One:1 di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Advertisement

Liputan6.com yang melansir Autoevolution, pada Selasa (16/9/2014), Agera One:1 merupakan hypercar hasil pengembangan model Agera R. Sebagai mobil tercepat sejagat, Koenigsegg pun hanya memproduksi Agera One:1 sejumlah enam unit saja di seluruh dunia.

Pada jantung penggeraknya, Agera One:1 mengusung mesin V8 berkapasitas 5,0 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 1.341 horse power. Sementara itu, bobot mobil pun hanya seberat 1.341 kilogram.

Sebagai komparasi, tiap 1 HP tenaga yang dihasilkan oleh mesin hypercar ini hanya berbanding 1 kilogram bobot mobil. Hal ini membuat Agera One:1 sanggup memecahkan rekor Guiness World Record dengan akselerasi dan deselerasi dari kondisi diam hingga 300 km/jam dan kembali lagi ke kondisi berhenti.

Advertisement

Langkah Agera bukan tanpa sebab. Pabrikan Swedia ini tengah berambisi untuk membendung Bugatti yang juga tengah mempersiapkan suksesor Veyron. Kabarnya, hypercar yang sedang dipersiapkan Bugatti tersebut memiliki performa mesin yang jauh lebih baik dibanding pendahulunya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif