Teknologi
Senin, 15 September 2014 - 05:41 WIB

KLINIK ANDROID : Memory Smartphone Tiba-Tiba Penuh

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Android Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Advertisement

Tanya:

Galih Prihanti

Saya mau tanya, kemarin siang memory internal hp saya masih kosong 440MB, lalu malam harinya tiba-tiba menjadi 130MB padahal saya tidak menginstall aplikasi baru.

Advertisement

HP saya juga nganggur dari siang sampai malam, hanya on mobile data. Cache juga bersih, lalu saya uninstall 2 aplikasi masing2 30mb. Lalu memory internal mjd 170mb. Lalu pagi harinya memory internal tiba2 menjadi 49mb.

Padahal cache hanya bertambah 1,47mb (instagram). Kira2 kenapa ya? Lalu bagaimana agar memory internal saya kosong kembali? Sebelumnya tidak pernah seperti ini. Saya menggunakan samsung young s6310 jelly bean belum diroot. Terima kasih.

Jawab:

Advertisement

Salam kenal Mbak Galih

Memory internal penuh biasanya terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal dan kurang memadainya kapasitas ram untuk menjalankan semua aplikasi yang terinstal tadi.
Saran saya adalah anda root terlebih dahulu android anda lalu pindahkan aplikasi yang bisa dipindah ke eksternal memory (microsd). Bisa menggunakan aplikasi App2sd, Link2sd, Move2sd enabler, dll.

Setelah itu anda juga bisa menginstal aplikasi task killer yang berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang masih berjalan meskipun kita sudah tidak menggunakannya, hal itu akan berdampak pada ram yang bertambah bebas kinerjanya.
Anda juga bisa menginstal aplikasi titanium backup, yang mana anda bisa membackup serta merestore bahkan bisa menonaktifkan aplikasi yang mungkin saat ini jarang anda gunakan. Silahkan dicoba terlebih dahulu, dan ditunggu reportnya ya?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif