Sport
Senin, 15 September 2014 - 16:58 WIB

ASIAN GAMES 2014 : TIMNAS U-23 VS TIMOR LESTE : Gulung Timor Leste 7-0, Ferdinand Sinaga Cetak Quattrick

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ferdinand Sinaga (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia berhasil unggul dengan skor telak 7-0 atas Timor Leste pada pertandingan pembuka Grup E Asian Games 2014 di Stadion Goyang, Korea Selatan, pada Senin (15/9/2014). Empat gol di antaranya dicetak oleh Ferdinand Sinaga.

Baru 10 menit pertandingan Indonesia versus Timor Leste berlangsung, tim Merah Putih sudah unggul 2-0 berkat dua gol Ferdinand Sinaga memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri wilayah pertahanan Timor Leste.

Advertisement

Gol pertama dan kedua merupakan produk akhir dari akselerasi yang dilakukan Bayu Gatra di sisi kiri pertahanan Timor Leste.

Adapun gol ketiga dihasilkan Ferdinand dengan menyelesaikan umpan terobosan dari Victor Igbonefo. Tendangan keras Ferdinand sempat menyentuh kaki Paulo Martins sehingga bola melambung melewati kepala kiper Timor Leste Ramos Maxanches. Skor 3-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia tetap menguasai permainan. Begitu babak kedua dimulai, Syakir Sulaiman membuang satu peluang.

Advertisement

Menit 53, giliran Ferdinand Sinaga kembali mendapat peluang, kali ini umpan terobosan dari kapten tim Dedi Kusnandar, namun bola masih bisa dipotong kiper Ramos. Hanya berselang 4 menit kemudian sundulan kepala Alfin Tuasalamony tipis di atas mistar gawang Timor Leste.

Pelatih Aji Santoso memasukkan Fandi Eko Utomo pada menit ke-69 menggantikan Syakir. Agaknya sang pelatih berharap ada gol tambahan dengan masuknya Fandi meskipun sebenarnya kemenangan tipis saja telah cukup sebagai hasil yang bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar.

Gol akhirnya memang datang pada menit ke-76. Indonesia mendapatkan tendangan penalti karena pemain Timor Leste Felipe Oliveira menyentuh bola yang ditendang Ramdani Lestaluhu. Alfin berhasil mengeksekusi bola dengan sempurna. Skor 4-0.

Advertisement

Hanya 4 menit kemudian, giliran Novri Setiawan mencetak gol, 5-0. Itu sentuhan pertamanya setelah masuk menggantikan Ramdani. Pada menit ke-82 Ferdinand mencetak gol keempatnya dalam laga itu. Skor 6-0.

Menit ke-81 skor menjadi 7-0 ketika Fandi akhirnya mencatatkan nama di papan skor setelah menyambar bola rebound hasil tepisan kiper Ramos atas tendangan Ferdinand.

Pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI tersebut berjalan dalam tempo lambat. Indonesia dan Timor Leste bergabung di Grup E dalam Asian Games 2014 di Korsel bersama Maladewa dan Thailand.

Indonesia diwakili oleh Timnas U-23 yang diperkuat oleh tambahan tiga pemain yang berusia lebih dari 23 tahun yakni Ferdinand Sinaga, Achmad Jufriyanto, dan Victor Igbonefo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif