Sport
Minggu, 14 September 2014 - 02:15 WIB

MOTOGP : Tahun Depan Aprilia Kembali ke MotoGP Sebagai Tim Pabrikan?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Marco Melandri saat mengendarai motor Aprilia di tahun 1999 lalu. (JIBI/Harian Jogja/Reuters).

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Aprilia memastikan diri akan kembali ke ajang tertinggi balap motor dunia MotoGP sebagai tim pabrikan mulai musim 2015 mendatang. Pabrikan Italia itu akan bekerja sama dengan tim Gresini Racing.

Advertisement

Isu akan kembalinya Aprilia sebagai tim pabrikan telah menguat sejak beberapa pekan terakhir. Terakhir kali mereka turun di kelas pabrikan MotoGP adalah pada 2004, kendati tetap aktif di kelas 125 cc dan 250 cc hingga berganti ke Moto3 dan Moto2.

Di MotoGP sendiri, sejumlah tim privat masih menggunakan mesin Aprilia di kelas CRT dan kelas Open, di antaranya Ioda Racing dan Paul Bird Motorsport.

Aprilia pun memastikan kembali ke MotoGP dengan status tim pabrikan setelah menjalin kesepakatan dengan Gresini selama empat tahun. Gresini sebelumnya sudah malang melintang bersama mesin Honda sejak 1997.

Advertisement

“Saya sangat senang melihat Aprillia menilai Gresini Racing sebagai rekan ideal untuk memasuki kejuaran dunia MotoGP,” kata Fausto Gresini, manajer tim Gresini dikutip Autosport.

“Saya ingin berterima kasih kepada Piaggio Group telah memberikan saya sebuah kesempatan fantastis, yakni bekerja sama dengan pabrikan besar, sebuah brand Italia yang telah menjadi sinonim dengan semangat balapan dan meraih hasil-hasil menakjubkan di seluruh dunia,” lanjutnya.

“Pada momen ini, saya merasakan tanggung jawab yang besar. Tapi motivasi untuk meraih sukses memberikan semangat. Tantangan dengan jadi tim all Italian bahkan lebih besar lagi,” demikian mantan pebalap MotoGP era 1983-1994 ini.

Advertisement

Alvaro Bautista yang kini membela Gresini disebut-sebut sebagai calon kuat penunggang satu dari dua motor Aprilia-Gresini musim depan. Satu kursi tersisa kabarnya akan diisi oleh Marco Melandri, mantan pebalap MotoGP yang kini berkiprah di Kejuaran Dunia Superbike.

*Keterangan foto: pebalap Australia Gary McCoy menunggangi Aprilia di MotoGP Australia 2004.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif