News
Minggu, 14 September 2014 - 13:15 WIB

KONFLIK INTERNAL PPP : Rapimnas PPP, Cuma Suryadharma Ali yang Tak Diundang

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Agama, Suryadharma Ali (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Plt Ketua Umum PPP, Emron Pangkapi, menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Hotel Aryaduta, Minggu (14/9/2014) siang ini. Rapat itu mengundang semua pimpinan partai dan hanya Suryadharma Ali tak diundang.

“Iya rapimnas digelar Plt mengagendakan konsolidasi. Semua pimpinan pengurus harian diundang, termasuk yang di kubu sana kecuali Pak SDA [Suryadharma Ali],” ujar Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PPP, Zarkasih Nur, kepada Detik, Minggu (14/9/2014).

Advertisement

Zarkasih Nur menjelaskan Rapimnas PPP yang akan digelar hingga Senin (15/9/2014) itu mengagendakan konsolidasi internal partai untuk merespons situasi politik internal yang terbelah pasca Rapat Harian DPP PPP yang memberhentikan Suryadharma Ali jadi jabatannya sebagai ketua umum. Menurut dia, kepemimpinan di PPP bersifat kolegial dan mutlak. Karena itu keputusan pengurus harian sah secara konstitusi partai.

Zarkasih Nur berharap, SDA bersikap low profile dan legawa menerima keputusan partai agar kekisruhan di tubuh partai Islam tersebut tidak berkelanjutan. Apalagi keputusan partai mempertimbangkan kasus hukum yang tengah dihadapi SDA.

“Sebenarnya kawan-kawan senior di majelis-majelis partai menghendaki secara low profile Pak Surya mengundang pengurus harian dan menjelaskan bahwa masalah yang dihadapi ini berat. Masalah dengan KPK kan berat. KPK itu kalau sudah menetapkan seseorang sebagai tersangka, sudah punya dua alat bukti yang kuat. Tidak bisa lepas. Ini kenyataan. Dia harus hadapi ini semua, kalau tidak bisa makin berat beban partai,” ucapnya.

Advertisement

Rapimnas PPP yang digelar Plt Ketum Emron Pangkapi digelar mulai pukul 13.00 WIB. Rapimnas digelar hingga Senin besok.

Sebelumnya, rapat pengurus harian DPP PPP yang berlangsung Selasa (9/9/2014) malam hingga Rabu (10/9/2014) dini hari, memutuskan memberhentikan Suryadharma Ali (SDA) dari kursi ketua umum dan menggantinya dengan Emron Pangkapi selaku pelaksana tugas.

“Untuk menghindari mudarat yang lebih besar, maka DPP PPP menghentikan Pak Suryadharma Ali dan menggantikannya dengan Pak Emron Pangkapi,” kata Sekjen DPP PPP Romahurmuziy seusai menjalani rapat pengurus harian di Kantor DPP PPP, Rabu dini hari.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif