Lifestyle
Sabtu, 13 September 2014 - 13:30 WIB

SERBA LIMA: Inilah 5 Tempat dengan Cuaca Paling Ekstrem di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Dua kutub barangkali jadi salah satu tempat dengan cuaca paling ekstrem di Dunia. Tak sepenuhnya salah, namun sejumlah tempat barangkali bisa lebih mencengangkan. Misalhnya, di Siberia, ada salah satu tempat yang suhunya mencapai -64 derajat Celcius.

Serba Lima kali ini, menghimpun lima tempat dengan cuaca paling ekstrem di dunia. Inilah rangkuman Solopos.com, Sabtu (13/9/2014);

Advertisement

Death Valley: Salah Satu Tempat Terpanas di Dunia

Death Valley: Salah Satu Tempat Terpanas di Dunia

Death Valley (dailymail.co.uk)

Taman tersebut berada di Racetrack Playa, California, Amerika Serikat. Tempat ini menjadi tempat dengan suhu paling panas di dunia. Terlebih pada musim panas, pada bulan Juli suhu di Death Valley bisa mencapai 46 derajat Celcius. Badan meteorologi dunia, World Meteorological Organization (WMO) mencatat suhu di Death Valley pernah mencapai 56,7 derajat celcius pada 1930.

Advertisement

Fenomena unik pun dapat Anda jumpai di Racetrack Playa. Ratusan batu akan bergerak sendiri, meski belum diketahui secara pasti penyebabnya. Tapi fenomena itu terlihat di pasir, bekas pergeseran batu membentuk lintasan.

Arica, Chile: Belasan Tahun Kekeringan

Arica (wikipedia.org)

Arica, Chile: Belasan Tahun Kekeringan

Arica adalah nama salah satu daerah di Chile. Daerah ini merupakan wilayah yang paling kering di dunia. Suhu ekstrem jadi pemicu kekeringan di wilayah itu. Kekeringan di daerah ini tak hanya terjadi satu atau dua bulan. Tapi belasan tahun.

Advertisement

Kota yang terletak di bagian utara Chile  ini tercatat sebagai tempat paling kering di dunia pada tahun 1903 hingga tahun 1918.

 

 

Oymyakon: Kota Terdingin di Dunia

Oymyakon: Kota Terdingin di Dunia

Advertisement

Oymyakon (dailymail.co.uk)

Oymyakon adalah kota kecil di Serbia, Timur Laut Rusia. Tempat ini dianggap salah satu yang paling dingin di dunia. Uniknya tempat ini masih dihuni manusia.

Wilayah ini pernah mencapai suhu -71,2 derajat Celcius. Daerah ini rata-rata mengalami suhu dingin -45 derajat Celcius.

Orang-orang di Oymyakon membakar batu bara dan kayu untuk membuat suhu di rumah mereka menjadi hangat. Ketika hujan salju tebal dan suhu lebih dari -50 derajat Celcius kota ini mati selama lima jam.

Advertisement

Kolyma Highway: Salju Tanpa Ujung

Kolyma Highway: Salju Tanpa Ujung

Kolyma Highway sering dianggap tempat yang mengerikan bagi pelancong. Barangkali hanya yang berjiwa petualang saja yang akan berkunjung ke tempat ini.

Kolyma Highway (arcticphoto.co.uk)

Kolyma Highway menjadi saksi tragis sejarah politik Siberia yang menelan korban jiwa. Ratusan ribu tahanan politik dibuang di Camp Gulag di bawah rezim Stalin dari 1930 ke 1950-an.

Kawasan Kolyma terkenal sebagai kawasan terdingin di dunia. Kolyma Highway juga dijuluki sebagai “jalan tulang”. Saat Juli dan Agustus, jalan sepanjang 2.013 km ini juga dipenuhi salju. Suhu -67 derajat Celcius pernah terjadi di jalan sepanjang 2,3 km.

Hujan Es Batu 1 Kg di Gopalganj

Hujan Es Batu 1 Kg di Gopalganj

Advertisement

Sebuah daerah di Bangladesh, Gopalganj pernah mengalami hujan es terparah sepanjang masa. Hujan es itu terjadi pada tahun 1986. Bukan Cuma sebesar kerikil, es yang jatuh dari langit beratnya mencapai 1 kilogram (kg).

Hujan es sejatinya sudah umum terjadi di  negara-negara yang berada di dekat kutub utara atau selatan. Namun kali ini mungkin terasa lebih mengerikan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif