Sport
Sabtu, 13 September 2014 - 10:10 WIB

Pekan Olahraga Tunanetra Jawa Tengah Digelar di Temanggung

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, TEMANGGUNG — Pengurus Wilayah Persatuan Olahraga Tunanetra Indonesia (Porti) Jawa Tengah menggelar Pekan Olahraga Tunanetra Provinsi (Portuprov) di Kabupaten Temanggung.

Ketua Pengurus Wilayah Porti Jateng Deden Sripurwanto di Temanggung, Sabtu mengatakan Portuprov diikuti sebnyak 153 atlet dan ofisial dari 10 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Grobogan, Temanggung, Klaten, Magelang, Semarang, Purworejo, Kebumen, Kota Salatiga, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

Advertisement

Portuprov Jateng dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jateng, Tri Laksono pada Jumat (13/9) malam di Aula Balai Rehabilitasi Sosial “Penganthi” Temanggung.

Deden mengatakan, Portuprov ini untuk menjaring atlet yang akan ikut pada Pekan Olahraga Tunanetra Nasional 2015 di Jakarta.

Ia menyebutkan, cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain catur, goalball, futsal, renang, dan atletik meliputi lari 100-200 meter, lempar cakram, dan lempar lembing.

Advertisement

Ia menuturkan, kegiatan yang berlangsung Sabtu dan Minggu (14/9) ini berlangsung di Stadion Bhumi Phala, kompleks “Penganthi” dan kolam renang Pikatan.

“Portuprov ini baru pertama kali diselenggarakan di Jateng untuk menjaring atlet yang akan diterjunkan ke tingkat nasional,” katanya.

Tri Laksono, mengatakan, kegiatan ini untuk kemajuan prestasi penyandang tunanetra di bidang olahraga.

Advertisement

Ia mengatakan, ajang ini juga sebagai bukti bahwa difabel bukan sosok yang patut dikasihani tetapi harus mendapat hak sama dengan orang normal fisik sekaligus diberi ruang berkarya terutama bidang olahraga.

“Saya minta para atlet berjuang secara optimal untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa difabel dapat berprestasi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif