Otomotif
Sabtu, 13 September 2014 - 01:30 WIB

BURSA MOBIL SOLO : BMW Segera Buka Sub Diler di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BMW (grcea.com)

Solopos.com, SEMARANG — PT Astra International Tbk. Authorized BMW Jawa Tengah dan DIY bakal membuka sub diler baru di Solo pada 2015 seiring dengan tingginya permintaan dari konsumen di wilayah ini.

Branch Manager BMW Jateng-DIY Heru Purwanto mengatakan alasan pembukaan subdiler baru karena penjualan mobil BMW di Solo menyumbang 40% dari total keseluruhan market wilayah Jateng-DIY. Sub diler baru itu menyatu dengan Astra Group yang berada di Jl Slamet Riyadi.

Advertisement

“Growth penjualan di Solo dalam tiga bulan terakhir cukup tinggi. Ini kesempatan baik untuk membuka sub diler baru di sana tahun depan,” papar Heru kepada Bisnis, Kamis (11/9/2014).

Menurutnya, karakteristik konsumen Solo untuk membeli mobil dengan harga di atas Rp1 miliar cukup banyak. Heru mengakui tahun ini sejumlah pengusaha ternama asal Solo membeli mobil BMW seri 3 dan seri 4 secara tunai.

Advertisement

Menurutnya, karakteristik konsumen Solo untuk membeli mobil dengan harga di atas Rp1 miliar cukup banyak. Heru mengakui tahun ini sejumlah pengusaha ternama asal Solo membeli mobil BMW seri 3 dan seri 4 secara tunai.

Dia optimis target penjualan tahun ini naik 25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hingga semester I/2014, penjualan mobil asal Jerman wilayah Jateng-DIY tercatat 40 unit dari keseluruhan target penjualan sebanyak 69 unit.

Menurut Heru, target penjualan selalu tercapai pada akhir tahun seiring dengan animo permintaan di beberapa negara maju di dunia. “Market share kita mencapai 60%. Kita memang menyasar konsumen menengah hingga atas,” kata dia.

Advertisement

Pada tahun ini, BMW mengeluarkan produk terbaru dengan tenaga hybrid electric seri i3 dan i8 dengan mesin berkapasitas 1500 cc. Kendati cc kecil, kata Heru, mobil  ini menyamai dengan super car yang memiliki kecepatan maksimal 300 km/jam dari total top speed 330 km/jam.

“Mobil ini di-launching pada bulan ini di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Mobil itu ada dipasaran Indonesia pada 2015,” paparnya.

Laku Preorder
Sementara itu, PT Astra Internasional Tbk. – Isuzu Semarang menyakini kehadiran mobil di segmen high sport utility vehicle (high SUV) yakni MU-X direspons pasar secara baik. Hingga kini, 10 unit mobil dengan pasar premium ini laku terjual dengan preorder jauh hari sebelumnya.

Advertisement

Supervisor Isuzu Semarang Eko Wijiyono mengatakan setiap produk baru Isuzu memiliki market khusus atau pembeli yang fanatik terhadap mobil dengan mengandalkan mesin diesel. Oleh karena itu, pihaknya tidak mengkhawatirkan dengan adanya produk serupa dari merek pesaing yang lebih dulu beredar di pasaran.

“Ini membuktikan customer kami tidak peduli dengan bentuknya seperti apa, mereka hanya mengetahui spesifikasi mesin dan harga,” kata dia.

Sales Supervisor Oktavianus Nugroho Widijanto mengatakan Isuzu MU-X hadir di Indonesia dengan spesialisasi automatic. Menurutnya pasar mobil dengan transmisi automatic banyak digemari oleh semua kalangan. Pasalnya, saat ini sejumlah konsumen menginginkan mobil tanpa transmisi manual karena kondisi macet di beberapa kota metropolitan seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan kota besar lainnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif