Teknologi
Jumat, 12 September 2014 - 21:50 WIB

SERANGAN MALWARE : Malware Peringkat Pertama Tetap Dipegang Trojan

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Kalau pada paruh pertama 2014 Mobogenie sukses menempati tempat ketiga sebagai malware yang paling banyak dihentikan oleh G Data Antivirus di Indonesia, terjadi sedikit pergeseran di bulan Agustus 2014. Di mana Mobogenie terlempar dari Top 10 dan posisinya digantikan oleh gerombolan worm yang naik dari peringkat 6 ke peringkat 3 dengan tingkat infeksi 9,86%.

Advertisement

Untuk malware peringkat 1 dan 2 di bulan Agustus 2014 tidak terjadi perubahan dan jawara malware tetap dipegang oleh Trojan yang berhasil hooked 34,50% infeksi malware dan Adware sebesar 21,63%.

Posisi 4 dan 5 terjadi pergantian posisi dimana Exploit menempati posisi 4 dengan infeksi 6,37% yang menggusur gerombolan malware ke posisi 5 yang bulan Agustus 2014 hanya berhasil menginfeksi 4,33%.

Sebagai informasi, saat ini tidak mudah bagi satu jenis malware untuk menginfeksi komputer secara masif dan dengan tujuan menghindari deteksi program antivirus, pembuat malware berusaha mengimbangi dengan membuat varian malware sebanyak mungkin setiap kali terdeteksi oleh antivirus.

Advertisement

Akibatnya adalah banjir varian malware yang mengakibatkan perusahaan antivirus memiliki pekerjaan rumah tiada henti karena banyaknya varian malware baru yang muncul setiap hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif