News
Kamis, 11 September 2014 - 05:50 WIB

PEMILIHAN REKTOR UNDIP : Tiga Profesor Ini Bersaing Ketat Pimpin Undip

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Tiga kandidat ditetapkan sebagai calon rektor yang akan mengikuti Pemilihan Rektor Universitas Diponegoro Semarang periode 2014-2018 yang berlangsung pada 29 September mendatang.

“Ada tiga tahapan proses Pemilihan Rektor Undip, yakni penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Hari ini (10/9/2014) sudah sampai penyaringan,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undip periode 2014-2018 Prof Sunarso seperti dikutip Antara, Rabu (10/9/2014).

Advertisement

Pada tahap penjaringan ada empat bakal calon rektor, yakni Prof M. Syafruddin (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), Prof M. Nasir (FEB), Prof Lazarus T.S. (Fakultas Hukum), dan Prof Purwanto (Magister Ilmu Lingkungan Undip).

Menurut Guru Besar Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip itu, keempat bakal calon rektor itu memaparkan visi dan misi pada Rabu, sekaligus disaring hanya menjadi tiga calon rektor Undip.

“Hasil penyaringan yang dilakukan melalui voting, Prof M. Nasir (FEB) mendapatkan sebanyak 87 suara, Prof M. Syafruddin (22 suara), Prof Purwanto (13 suara), dan Prof Lazarus sebanyak satu suara,” katanya.

Advertisement

Yang memiliki hak pilih, kata dia, sebanyak 133 anggota senat, tetapi yang hadir pada kesempatan itu sebanyak 123 anggota senat dan telah memenuhi kuorum karena syarat kehadiran dua sepertiga dari total.

“Dari 123 anggota senat yang hadir, semuanya memberikan suara sah dan tidak ada yang abstain. Kami ambil tiga orang yang dapat suara terbesar, yakni Prof Nasir, Prof Syafruddin dan Prof Purwanto,” katanya.

Ketiga nama calon rektor Undip itu, kata dia, selanjutnya akan dikirimkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan selambat-lambatnya dua minggu sebelum pemilihan yang digelar pada 29 September mendatang.

Advertisement

“Senat memiliki hak suara sebesar 65 persen, sementara Menteri (Mendikbud, red.) memiliki hak suara sebesar 35 persen. Pemilihan rektor akan dilakukan dalam rapat senat yang berlangsung tertutup,” katanya.

Sunarso bersyukur proses Pemilihan Rektor Undip sampai tahapan penyaringan berjalan dengan lancar, tanpa mengalami kendala yang berarti.

Ia mengharapkan seluruh proses pemilihan hingga usai juga berjalan dengan lancar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif