Sport
Kamis, 11 September 2014 - 06:25 WIB

KROASIA 2-0 MALTA : Gol Modric Selamatkan Kroasia

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, ZAGREB — Gelandang Real Madrid, Luka Modric, merayakan pesta ulang tahunnya dengan mencetak gol pembuka bagi Kroasia dalam laga kontra Malta di kualifikasi Euro 2016, Selasa (9/9/2014) malam waktu setempat.

Pemain yang menginjak usia 29 tahun itu memecah kebuntuan di Stadion Maksimir, Zagreb, dengan melesakkan tembakan rendah pada menit ke-46. Andrej Kramaric menyempurnakan kemenangan 2-0 Kroasia dengan gol kedua yang dia ciptakan di menit-menit pertandingan.

Advertisement

Gol Modric menjadi awal superiotas pasukan Kroasia atas tim tamu. Sebab, formasi 4-2-3-1 yang disusun pelatih Nico Kovac terlihat seperti strategi tanpa taring di babak pertama. Tim tuan rumah tak berhasil menciptakan satu pun peluang meski lawan hanya bermain dengan 10 pemain karena bek Steve Borg diganjar kartu merah pada menit ke-31.

Permainan Kroasia baru meningkat setelah Modric sukses menjebol gawang Malta. Pemain bernomor punggung 10 itu membuat penampilan ke-80 bersama Kroasia menjadi lebih sempurna saat menyarangkan gol lewat tendangan berjarak 25 meter.

Berkat kemenangan itu, Kroasia memimpin klasemen sementara grup H dengan torehan tiga poin. “Saya senang bisa mengamankan tiga poin dari laga ini setelah kesulitan di babak pertama,” kata Kovac, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/9).

Advertisement

Selain gol Modric, sambung Kovac, pengusiran Borg dari lapangan juga memberikan keuntungan tersendiri bagi Kroasia. “Pengusiran Borg membuat pergerakan kami lebih baik di babak kedua. Kami bisa menjatuhkan Malta karena meski mereka bertahan dengan baik dalam pertandingan ini,” sambung dia.

Nico Kovac memperkenalkan striker muda, Nikica Jelavic, untuk menggantikan gelandang tengah, Mateo Kovacic, di tengah pertandingan. Pergantian itu terbukti ampuh untuk meningkatkan tempo permainan Kroasia.

Kramaric yang dimasukkan untuk menggantikan gelandang, Alen Halilovic, juga sangat menolong serangan pasukan Nico Kovac. Nama pemain muda milik klub HNK Rijeka itu terpampang di papan skor setelah menampilkan pertunjukkan kaki mengagumkan pada menit ke-70. Berselang 11 menit, skill Kramaric membuahkan gol lewat kerja sama apik dengan Jelavic dan Ivan Rakitic.

Advertisement

“Kami memiliki sejumlah pemain muda yang sangat berbakat tapi mereka belum bisa berkolaborasi dengan pemain berpengalaman di skuat ini. Mungkin, mereka masih memerlukan sedikit waktu untuk itu,” jelas Kovac. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Luka Modric menjadi tumpuan Kroasia. Golnya menyelamatkan Kroasia dari kekalahan. Ist/skysport.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif