Jogja
Rabu, 10 September 2014 - 08:40 WIB

Kalibiru, Objek Wisata dengan Pemandangan Lengkap

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desa wisata Kalibiru, Kulonprogo (www.tipsjalan.com)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pesona alam Kalibiru menjadi daya tarik baru pariwisata di Kulonprogo. Tak mengherankan apabila tingkat kunjungan wisata di objek wisata tersebut terus mengalami peningkatan.

Ketua Kelompok Pengelola Wisata Kalibiru, Parjan mengatakan objek wisata Kalibiru merupakan kawasan hutan lindung yang berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Kawasan wisata tersebut menawarkan keindahan pemandangan alam Bumi Menoreh dari ketinggian 450 meter dari permukaan laut.

Advertisement

“Selain hamparan perbukitan, dari atas hutan lindung itu juga tampak keindahan objek wisata Waduk Sermo hingga kawasan pesisir pantai Kulonprogo. Semakin lama objek wisata ini semakin dikenal, bahkan pada akhir pekan atau hari libur selalu ramai pengunjung,” ujar Parjan, Selasa (9/9/2014).

Parjan memperkirakan kunjungan wisatawan lokal ke kawasan wisata alam itu terus mengalami peningkatan signifikan. Pasalnya, kawasan wisata yang ada di atas Waduk Sermo itu juga memberikan fasilitas gardu pandang serta wahana menarik lain. Hal itu merupakan upaya warga setempat untuk meningkatkan potensi wisata Kalibiru.

“Untuk menarik wisatawan kami melengkapi dengan berbagai sarana, yakni wahana permainan flying fox, serta sarana edukasi, seperti budidaya kambing peranakan Etawa serta budidaya semut angrang,” imbuh Parjan.

Advertisement

Peran serta warga setempat untuk memajukan objek wisata tersebut terus meningkat. Parjan mengungkapkan, sebelumnya warga yang tergabung dalam Kelompok Hutan Kemasyarakatan telah melakukan penghijauan di kawasan hutan lindung ini. Pasalnya, sebelum pepohonan belum tumbuh besar, warga mengelola lahan yang ada dengan ditanami tanaman pangan.

“Kami memelihara kelestarian hutan tersebut bersama-sama dan dengan izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY, kami bisa turut menjadikan hutan sebagai objek wisata unggulan di desa ini,” jelas Parjan.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif