Jogja
Selasa, 9 September 2014 - 19:40 WIB

HOTEL DI JOGJA : Warga Ngadiwinatan Tolak Pebangunan Hotel Cordela

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan warga Kampung Ngadiwinatan, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Jogja, mendatangi Balai Kota Jogja, Selasa (9/9/2014).

Mereka meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menghentikan proses pembangunan hotel Cordela di kampung mereka.

Advertisement

Warga menganggap, hotel Cordela yang dibangun di lokasi bekas hotel Kartika Dewi di Jalan Bhayangkara itu tidak melakukan sosialisasi kepada warga. “Tiba-tiba ada pembangunan hotel, padahal belum ada sosialisasi,” kata Setiawan, salah satu warga RT 58 RW 12, Kampung Ngadiwinatan.

Sekitar 30 warga datang ke Balai Kota Jogja dan beraudiensi dengan Forum Pemantau Independen Fakta Integritas Pemkot Jogja. Setiawan mengaku, pada dasarnya warga mendukung pembangunan apa pun demi kemajuan Jogja. Namun, jika pihak hotel tidak ‘permisi’ kepada warga yang ada di sekitar hotel Cordela, warga merasa kecewa.

Menurut Setiawan, ijin pembangunan hotel perlu mendapat persetujuan warga agar warga juga mengetahui berbagai dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pembangunan hotel. Warga khawatir akibat pembangunan hotel debit ari warga berkurang nantinya.

Advertisement

“Kampung Ngadiwinatan termasuk pemukiman padat penduduk. Ada sekitar 77 kepala keluarga yang tinggal berdekatan langsung dengan hotel Cordela,” papar Setiawan.

Setiawan mengaku, pihak hotel Cordela memang sempat mendatangi warga, beberapa waktu lalu. Namun, kedatangan pihak hotel itu hanya bertemu dengan beberapa perwakilan dari tokoh masyarakat. Sementara, warga yang rumahnya berdekatan langsung dengan hotel, tidak pernah diajak berembuk.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif