Soloraya
Selasa, 9 September 2014 - 22:32 WIB

CPNS 2014 : Kantor Pos Solo Siapkan Loket Khusus CPNS

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan khusus CPNS di Kantor Pos. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kantor Pos Besar Solo berencana membuka dua hingga tiga loket khusus untuk melayani pengiriman berkas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Loket tersebut akan beroperasi pada 11-23 September 2014.

Kepala Kantor Pos Besar Solo, Achmad Fuad Kamali, menyampaikan penyediaan layanan khusus tersebut untuk memudahkan pelamar CPNS dan penyortiran dokumen. Menurut dia, layanan mulai dilakukan mulai Kamis (11/9/2014) karena pendaftaran online mulai dibuka Rabu (10/9/2014).

Advertisement

Diakuinya hanya khusus pendaftaran untuk CPNS Pemkot Solo yang disediakan loket khusus karena pihaknya bekerja sama dengan Pemkot Solo dalam penerimaan dan penyortiran berkas. Selain itu, selama ini untuk pendaftaran CPNS kementerian atau lembaga nasional peningkatannya tidak terlalu tinggi.

“Selain di kantor pos besar, surat lamaran bisa dikirim melalui 22 kantor pos cabang dan 25 agen pos di Solo. Tarif pengirimannya senilai Rp15.000,” ungkap Fuad saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/9/2014).

Pihaknya menilai pendaftaran CPNS daerah pada tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena persyaratan cukup mudah, yakni tanpa menyertakan TOEFL dan juga minimal IPK 2,75. Menurut dia, pada tahun lalu, pengiriman berkas pendaftaran CPNS daerah kurang dari 5.000 berkas. Namun pada tahun ini diperkirakan mencapai puluhan ribu meski saat ini hanya bisa mendaftar satu instansi.

Advertisement

Oleh karena itu, Selasa (23/9/2014), pihaknya berencana membuka layanan pos di Kantor Pos Besar hingga pukul 00.00 WIB untuk melayani pengiriman berkas dari yang biasanya hanya buka hingga pukul 19.00 WIB. Pasalnya setelah itu, pengiriman berkas CPNS daerah tidak lagi dilayani. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada layanan terbatas pada Minggu apabila lamaran membeludak.

Dia juga menjelaskan membentuk satgas khusus untuk mengelola berkas pendaftaran CPNS Pemkot Solo. Hal ini karena selain mengumpulkan berkas lamaran, kantor pos juga menyortir (memisahkan berdasarkan formasi), membuat daftar pengantar dan mengirimkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo yang dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. Kantor pos juga memiliki tanggung jawab mengirimkan nomor peserta ujian kepada pelamar.

Fuad menyampaikan surat balasan dari Pemkot Solo, disiapkan langsung oleh pelamar dengan menyertakan amplop ukuran 23 cm x 11 cm dan langsung di temple perangko Rp3.000. Oleh karena itu, diakuinya penyediaan perangko Rp3.000 ditambah menjadi 100.000 keping. Begitu juga stok materai Rp6.000 juga ditambah menjadi 100.000 keping yang disediakan untuk keperluan pendaftaran CPNS dan regular.

Advertisement

“Peningkatan pengiriman berkas CPNS untuk kementerian dan lembaga nasional tidak signifikan, rata-rata kenaikan hanya 10% jika dibandinkan bulan biasanya, yakni sekitar 3.600 item surat dengan revenue sekitar Rp29 juta per hari,” paparnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif