News
Selasa, 9 September 2014 - 09:40 WIB

3 Prodi UGM Dinilai Tim ASEAN University Network-Quality Assurance

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi akreditasi (kopertis3.or.id)

Harianjogja.com, JOGJA –ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) melakukan visitasi akreditasi ke Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin – Rabu (8/9/2014-10/9/2014) ini.

Kunjungan selama tiga hari itu AUN-QA akan melakukan verifikasi terkait akreditasi terhadap tiga program studi (Prodi) UGM. Ketiga program studi tersebut, yaitu Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan (Fakultas Pertanian), Teknologi Industri Pertanian (Fakultas Teknologi Pertanian) dan Matematika (Fakultas MIPA).

Advertisement

Pembukaan serta presentasi dari masing-masing program studi dilakukan di Ruang Multimedia, Senin (8/9/2014). Rektor UGM, Pratikno membuka proses visitasi akreditasi ini sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada tim Dari pihak UGM, pembukaan dihadiri AUN-QA. Sementara dari AUN – QA diwakili oleh Deputinya, Choltis Dhirathiti.

Koordinator Pelaksana Kegiatan Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho menjelaskan dalam penilaian akreditasi masing-masing program studi akan didampingi dua asesor, Deputi AUN dan senior secretary.

“Penilaian akhir nantinya berupa sertifikat AUN-QA untuk level program studi,” ujar Hartanto di sela-sela pembukaan visitasi akreditasi.

Advertisement

Lebih lanjut, Hartono menjelaskan, pada 2014 ini ada tujuh prodi di UGM yang akan mendapatkan penilaian akreditasi dari tim AUN. Empat prodi lain juga akan mendapatkan penilaian, Oktober mendatang. Empat prodid itu adalah Antropologi, Psikologi, Kedokteran Hewan dan Teknik Mesin. UGM menurut Hartanto merupakan satu dari 26 universitas di Asia Tenggara yang tergabung dalam AUN-QA.

“Di Asia Tenggara ini meliputi 10 negara dan 26 universitas,”imbuhnya.

Rektor UGM, Pratikno menyambut baik kedatangan tim akreditasi dari AUN-QA. Kedatangan tim tersebut sejalan dengan kesiapan UGM untuk mempercepat proses standardisasi kualitas SDM di tingkat ASEAN khususnya saat penerapan Asian Single Community.

Advertisement

“Nantinya bukan hanya mobilitas di bidang pendidikan tinggi namun juga tenaga kerja,” papar Pratikno.

Selain akreditasi di tingkat prodi, UGM bersama lima perguruan tinggi di Indonesia mulai 2015 nanti juga akan ikut dalam akreditasi institusi. Selepas menemui beberapa mahasiswa, dosen, alumni dan karyawan selanjutnya tim AUN juga melakukan kunjungan di perpustakaan pusat UGM, laboratorium, Gadjah Mada Medical Center maupun asrama mahasiswa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif