Otomotif
Senin, 8 September 2014 - 02:34 WIB

TIPS BERKENDARA : Footsteps Tak Terawat Bisa Ganggu Keseimbangan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi footstep tak terawat (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Kondisi footstep atau pijakan kaki pengendara sepeda motor maupun orang yang diboncengkan sangat memengaruhi kenyamanan berkendara. Jika pijakan kaki tidak nyaman dipijak, bisa saja keseimbangan dan kestabilan saat berkendara terganggu.

Kendati komponen motor yang satu ini sangat kecil dan terkadang tidak dihiraukan, namun footstep juga membutuhkan perawatan yang layak. Bila beban tekanan yang ditumpukan orang yang dibonceng pada footstep cukup berat dan terus menerus, maka footstep lama-kelamaan. Selain itu, kondisinya juga bisa melengkung dan tidak lurus lagi.

Advertisement

Agar kondisi footstep motor awet dan tetap fit dan awet, pemilik motor sebagaimana disarankan otosia.com, Rabu (3/9/2014), perlu secara rutin menyemprotkan cairan pelumas di bagian footstep yang sering bergesekan.

Jika footstep sudah telanjur aus dan longgar, maka bisa pemilik motor bisa memasang ring dengan ukuran yang sesuai pada footstep untuk mengganjal bagian tersebut. Jangan lupa membersihkan footstep terlebih dahulu sebelum memasang ringnya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif