News
Senin, 8 September 2014 - 09:15 WIB

TEROR ISIS : Liga Arab Sepakat Perangi ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Liga Arab (wikipedia.org)

Solopos.com, KAIRO – Para menteri luar negeri anggota Liga Arab sepakat akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memerangi kelompok Daulah Islam (ISIS) sekaligus bergabung dengan upaya internasional untuk menumpas gerakan radikal yang telah menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah itu.

Perundingan Liga Arab di Kairo, Minggu (7/9/2014), juga menghasilkan kesepakatan untuk membantu keberhasilan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait upaya penghentian arus gerilyawan asing, pendanaan, dan bentuk-bentuk dukungan lain terhadap kelompok radikal di Irak dan Suriah.

Advertisement

Sejumlah sumber diplomatik mengatakan kesepakatan Liga Arab itu merupakan dukungan tidak langsung terhadap serangan udara Amerika Serikat terhadap ISIS yang telah berlangsung selama beberapa pekan terakhir.

Selain serangan udara, Washington juga tengah membangun koalisi internasional untuk menumpas gerakan ISIS.

Dalam sesi pembukaan, sejumlah menteri luar negeri menyuarakan beratnya tantangan dari kelompok Daulah Islam di Irak dan juga spiral kekerasan di Libia serta sejumlah wilayah lain.

Advertisement

Ketua Liga Arab, Nabil al-Arabi, seperti dilansir Reuters, Senin (8/9/2014), mengatakan munculnya kelompok radikal di Irak bukan hanya menjadi tanggung jawab Baghdad melainkan juga negara-negara lain. Dia juga mendesakkan resolusi untuk memerangi terorisme dengan upaya militer, politik, ekonomi, dan kebudayaan.

Arabi mengatakan kesepakatan pertahanan bersama Liga Arab dapat menjadi payung bagi aksi militer terhadap kelompok-kelompok radikal. Sampai perundingan selesai, masih belum diketahui apakah negara-negara Arab berkomitmen melibatkan diri dalam aksi militer langsung ke Irak maupun Suriah.

Pada pekan lalu, Presiden Barack Obama menyatakan Amerika Serikat siap menumpas kelompok Daulah Islam. NATO juga dikabarkan tengah menyiapkan aksi militer di Irak.

Advertisement

Obama berharap agar sekutunya di Arab turut terlibat dalam aksi militer.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan berkunjung ke Arab Saudi dan Yordania untuk merundingkan kemungkinan bergabungnya negara-negara Arab dalam aksi militer bersama NATO.

Sementara itu mengenai Suriah, Liga Arab mendesak kelompok oposisi untuk melakukan perundingan dengan rezim Presiden Bashar al-Assad demi terciptanya pemerintahan rekonsiliasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif