Otomotif
Senin, 8 September 2014 - 15:50 WIB

PENJUALAN MOBIL SUZUKI : Swift Jadi Ujung Tombak Suzuki di Negara Berkembang

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suzuki Swift (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, TOKYO — Suzuki baru saja mencatatkan rekor baru atas penjualan salah satu model hatchback-nya yakni Swift. Sejak pertama diluncurkan pada 2004 lalui, Suzuki Swift saat ini telah sukses terjual hingga 4 juta unit kendaraan.

Awalnya, Suzuki Swift diproduksi pertama kali pada tahun 2004 lalu di Jepang dan setahun kemudian mulai diproduksi di pabrik Suzuki luar Jepang, termasuk Hungaria, India, serta Tiongkok. Swift terus mengekspansi berbagai belahan dunia seperti Malaysia di tahun 2007, Pakistan tahun 2009, serta Thailand di tahun 2012.

Advertisement

Menurut Liputan6 yang melansir laman Autoevolution, Jumat (5/9/2014), penjualan Suzuki Swift tercatat mencapai sebanyak 1 juta unit dalam waktu delapan bulan. Dari total penjualan yang sebanyak 4 juta unit, sekitar setengah dari penjualan tersebut berasal dari India.

Di negara asalnya sendiri yaitu Jepang, Swift menyumbang 11 persen dari total penjualan secara keseluruhan. Di beberapa negara, Swift bahkan lebih populer jika dibandingkan dengan hatchback lain dengan dimensi serupa, seperti Ford Fiesta dan VW Polo.

Tak pelak, harga yang terjangkau dengan mesin berkapasitas kecil irit membuat hatchback tersebut digemari kaum muda. Pihak Suzuki kedepannya berencana untuk menjual Swift lebih banyak di negara-negara berkembang sebagai pasar utama mereka.

Advertisement

Untuk lebih menggaet pasar, Suzuki melakukan perubahan minor pada Swift terbaru. Pada versi terbarunya, Swift hadir dengan tambahan lampu LED daytime running light pada lampu depan dan menambah beberapa fitur seperti GPS yang menjadi peranti standar pada mobil modern.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif