News
Senin, 8 September 2014 - 07:53 WIB

KRISIS IRAK : Serangan Ke-133 di Irak, AS Hancurkan Kendaraan Tempur Militan ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi ISIS di Google Earth (bellingcat)

Solopos.com, JAKARTA — Amerika Serikat (AS) kembali melakukan dua kali serangan udara terhadap posisi gerilyawan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Islamic State (IS) atau Negara Islam di Irak utara. Hal itu diungkapkan Komando Sentral militer AS, Sabtu (6/9/2014).

“Serangan itu dilakukan pada Jumat (5/9/2014) dan Sabtu dengan melibatkan gabungan pesawat tempur dan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh,” kata militer AS dalam pernyataan resmi yang dikutip Antara, Senin (8/7/2014).

Advertisement

Menurut lapoiran Centcom, serangan tersebut menghancurkan sebuah Humvee, satu kendaraan angkut personel lapis baja, dan dua truk milik militan ISIS. Sebuah Humvee dan truk yang digunakan oleh militan ISIS juga rusak. Serangan tersebut menjadi yang ke-133 yang dilakukan di Irak sejak 8 Agustus 2014.

“Serangan itu dilakukan berdasarkan kewenangan untuk melindungi personel AS dan fasilitasnya, mendukung upaya kemanusiaan, dan mendukung pasukan Irak yang bertindak sebagai kelanjutan tujuan tersebut,” lapor Centcom.

Pada pertemuan puncak NATO Jumat, Presiden AS Barack Obama menguraikan rencana untuk membangun koalisi guna mengalahkan kelompok militan ISIS. Sebelumnya, ISIS melancarkan serangan kilat untuk memotong lima provinsi Irak pada Juni dan juga menguasai wilayah signifikan di negara tetangga Suriah.

Advertisement

Keprihatinan internasional telah terbangun selama beberapa waktu terhadap ISIS – yang telah melakukan berbagai kekejaman termasuk pembunuhan, penculikan dan serangan terhadap minoritas di daerah yang dikendalikan di Irak dan Suriah.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif