Jogja
Senin, 8 September 2014 - 11:27 WIB

Cetak e-KTP di Kulonprogo Masih Menunggu Blangko

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pencetakan KTP Elektronik (KTP-el) masih belum dapat dipastikan kapan akan mulai dilakukan.

Padahal, 11 unit alat pencetak atau printer khusus sudah diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo.

Advertisement

“Alat [printer] sudah diberikan dari pemerintah pusat dan tinggal di distribusikan ke kantor kecamatan untuk segera dilakukan pencetakan. Namun, sampai saat ini belum ada kewenangan untuk mencetak,” ujar Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kulonprogo Sri Harningsih saat ditemui wartawan, Jumat (5/9/2014) lalu.

Ning mengatakan, surat pelimpahan kewenangan untuk mencetak KTP-el fisik belum diterima. Bahkan, hingga saat ini blanko KTP-el juga belum sampai. Sementara, jumlah penduduk yang harus memiliki kartu identitas maupun yang yang harus mengganti data pada kartu identitasnya terus bertambah.

“Terpaksa, layanan pembuatan KTP kembali ke layanan KTP reguler. Tapi kami tetap mengimbau pada masyarakat untuk tetap bisa menggunakan KTP regulernya, karena batas berlaku masih sampai 31 Desember 2014,” jelas Ning.

Advertisement

Sementara itu, Kabid Data dan Teknologi Informasi Disdukcapil Kulonprogo Tri Ariyani menjelaskan, jumlah printer KTP-el yang tersedia hanya 11 unit dan semestinya dapat dibagikan di 12 kecamatan. Untuk mengatasi hal tersebut, jika kewenangan cetak sudah dilimpahkan, maka salah satu kecamatan akan digabung dengan kecamatan lain.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif