Lifestyle
Sabtu, 6 September 2014 - 07:29 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masakan berbahan jengkol (Stuffpoint.com)

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda termasuk orang yang menjauhi mengonsumsi jengkol hanya karena baunya yang menyengat? Jika iya, Anda patut berpikir ulang. Pasalnya, menurut beberapa penelitian, si bau ini memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat jengkol sebagaimana dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat (5/9/2014):

Advertisement

Mencegah Anemia
Selain protein, jengkol mengandung zat besi yang dapat membawa oksigen ke tubuh. Jika kekurangan zat besi, maka asupan oksigen berkurang dalam tubuh Anda juga akan berkurang. dan tubuh Anda secara otomatis akan lemas dan loyo.

Antioksidan Alami
Jengkol mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Vitamin A dalam jengkol yang mencapai 658 mg/100 gram sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan vitamin B1 dan B2 sangat berguna untuk membantu penyerapan protein. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Kandungan protein yang ada dalam jengkol cukup banyak, bahkan lebih dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Dalam 100 gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gram protein. Protein sangat berguna bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Advertisement

Menjaga Kesehatan Tulang
Tingkat kalsium yang ada pada jengkol adalah 140 mg/100 g. Kalsium tinggi ini akan menjaga kesehatan tulang dari pengeroposan. Itulah pasalnya, jengkol sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium besar.

Fosfor
Fosfor merupakan mineral lain yang terkandung dalam jengkol. Dalam satu buah jengkol berukuran sedang terkandung sekitar 100 gram fosfor 166,7 m. Kegunaan fosfor adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi seperti kalsium.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif