Otomotif
Sabtu, 6 September 2014 - 18:50 WIB

Ingin Mobil Seger? Ganti Lima Komponen Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — Jika Anda merasa bahwa mobil Anda sangat boros dan hanya dapat menempuh jarak pendek, jangan merasa kesal terlebih dahulu dan buru-buru memberi predikat bahwa mobil Anda itu produk gagal. Tingkat keborosan bensin mobil Anda ditentukan oleh banyak faktor, seperti cara berkendara, rute yang ditempuh, dan komponen mobil yang digunakan.

Menurut situs AutoPartsWarehouse.com, ada lima komponen mobil yang jika diganti dapat memperbaiki jarak tempuh kendaraan Anda menjadi lebih baik.

Advertisement

Komponen-komponen tersebut dapat dengan mudah dibeli, dan beberapa bahkan bisa Anda ganti sendiri tanpa perlu ke bengkel. Berikut ini adalah lima komponen mobil yang harus diganti tersebut:

1. Sensor aliran udara
Sensor aliran udara ini berfungsi untuk mengukur udara yang masuk ke mesin dan mengirim informasi tersebut ke komputer mesin mobil, yang kemudian akan mengatur injeksi bahan bakar, sistem pengapian mobil, dan sistem transmisi kendaraan.

Jika sensor aliran udara ini kotor, informasi yang disampaikan pun menjadi tidak akurat, dan hal itu akan berpengaruh terhadap pasokan bahan bakar ke mesin.

Advertisement

2. Sensor oksigen
Sensor oksigen ini berfungsi untuk memonitor aliran udara pembuangan yang akan keluar melalui knalpot sebelum dan sesudah melewati catalytic converter. Data yang didapat kemudian dikirim ke komputer mesin, yang kemudian akan mengatur level injeksi bahan bakar. Jika alat sensor oksigen ini rusak, data yang dikirim juga akan salah. Saran terbaik adalah untuk mengganti segala sensor di mobil setiap menempuh jarak 100.000 mil.

3. Busi
Busi berfungsi untuk memantik api ke dalam dapur pembakaran mesin mobil. Busi yang masih baru berarti mesin akan berfungsi lebih bersih dan efisien. Untuk mengganti busi mobil, Anda tak perlu repot-repot ke bengkel karena pengemudi amatir pun dapat menggantinya.

4. Saringan udara
Seperti namanya, saringan udara berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke mesin mobil. Saringan udara yang kotor akan mengurangi jarak tempuh mobil, terutama untuk mobil yang berusia lebih dari 10 tahun. Karena itu, lakukanlah pemeriksaan rutin terhadap saringan udara mobil Anda.

Advertisement

5. Ban

Ban memberikan traksi dan kontrol kepada mobil Anda. Ban yang kempes, sudah tipis, maupun yang sudah robek akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Karena ban secara natural akan selalu berkurang tekanannya, selalu periksa tekanan ban mobil Anda tiap bulan agar memberikan kontrol kendaraan yang nyaman serta efisiensi bahan bakar. Hal itu juga akan membantu ban mobil agar bertahan lebih lama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif