Sport
Jumat, 5 September 2014 - 06:40 WIB

PREDIKSI BRASIL VS KOLOMBIA : Tugas Dunga Hapus Trauma Tim Samba

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Brasil yang gagal dalam Piala Dunia 2014 silam. Ist/Dok

Solopos.com, MIAMI— Tidak mudah bagi Brasil untuk melupakan trauma Piala Dunia 2014 silam. Namun, pelatih baru Brasil, Dunga, akan berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan kepercayaan diri anak asuhnya dengan mengincar kemenangan saat meladeni Kolombia pada laga persahabatan di Miami,  Sabtu (6/9/2014) pukul 08.00 WIB.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia, Brasil dibikin shock dengan kekalahan 1-7 dari Jerman pada babak semifinal. Tragedi Mineirazo yang terjadi di Stadion Mineirao tersebut  dianggap sebagai salah satu “dosa besar” bagi tim juara dunia lima tersebut selama di Piala Dunia 2014.

Advertisement

Dunga, yang menjadi suksesor Luis Felipe Scolari, pun mendapatkan tugas berat untuk memperbaiki Selecao. Ini adalah periode kedua Dunga mengarsiteki Selecao. Sebelumnya, mantan pemain Fiorentina dan Pescara tersebut pernah membesut Brasil pada 2006-2010. Dunga pun dipercaya untuk membawa para penggawa Selecao kembali menegakkan kepala.

“Dunga mengatakan kepada kami, kami harus menegakkan kepala, melupakan yang lalu, menunjukkan kemampuan dan membuktikan kami layak menjadi pemain tim nasional,” jelas gelandang Brasil, Oscar, setelah mengikuti latihan Selecao di Brickell Key, sebuah kawasan dekat Miami, sepertil dilansir Reuters, Kamis (4/9).

“Tidak mudah melupakan kekalahan dari Jerman, itu sangat sulit, namun kami harus kembali bekerja dan membuktikan nilai kami,” sambung pemain Chelsea tersebut.

Advertisement

Akan tetapi Kolombia bisa menjadi penabur garam di atas luka Tim Samba, julukan lain Brasil. Pada Piala Dunia 2014 lalu, kedua tim dipertemukan di babak perempat final. James Rodriguez dkk. kalah dari tuan rumah dengan skor 1-2. Namun, tim berjuluk Los Cafeteros tersebut setidaknya telah membuktikan bisa menyulitkan Selecao.

Apalagi striker utama Kolombia, Radamel Falcao, bisa kembali mengisi skuat Los Cafeteros saat melawan Brasil di Miami nanti. Pemain yang  awal pekan ini resmi dipinjamkan AS Monaco ke Manchester United itu absen di Piala Dunia karena cedera. Kehadiran bomber berjuluk El Tigre itu pun bisa mempertajam serangan Kolombia bersama Rodriguez.

Sementara itu, bek kiri baru Chelsea, Felipe Luis, yang tak masuk skuat Selecao di Piala Dunia kemungkinan akan menjadi starter di Miami. Namun, pemain berusia 29 tahun tersebut harus bisa bersaing dengan Dani Alves untuk menempati posisi itu.

Advertisement

“Saya pikir kami hanya perlu memikirkan cara untuk menang, baru berpikir tentang sepak bola indah, dengan demikian kepercayaan diri kami akan bangkit secepatnya. Brasil akan mengembalikan identitasnya,” lanjut Felipe Luis. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif