Soloraya
Jumat, 5 September 2014 - 20:10 WIB

KISAH UNIK : Sindikat Curanmor di Solo Ini Pakai Hitungan Jawa untuk Beraksi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polresta Solo AKP Sis Raniwati (kiri) mempertemukan tersangka sindikat curanmor dengan wartawan di Mapolresta Solo, Jumat (5/9/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Sindikat pencurian sepeda motor (curanmor) ini tergolong saat melakukan aksinya. Lebih dari 70 kali komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini beraksi di Soloraya selama kurun waktu kurang dari 4 bulan terakhir.

Sedangkan di Solo mereka beraksi 11 kali. Sepak terjang komplotan bagian dari sindikat curanmor dari Mranggen, Demak, Jawa Tengah yang beranggotakan empat orang ini akhirnya terhenti.

Advertisement

Aparat Polsek Jebres bersama Polresta Solo membongkar sindikat tersebut, pertengahan Agustus lalu. Satu per satu tersangka dibekuk petugas.

Mereka adalah Mustaqim alias Redek, 36; Faizin alias Bro, 26; Imam Syafi’i, 26, dan Jumain Riwayanto alias Potro, 32. Keempatnya merupakan eksekutor lapangan asal Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah.

Tiga tersangka di antara mereka beserta barang bukti digelar di Mapolresta Solo, Jumat (5/9/2014).

Advertisement

Menurut Kapolresta Solo, Kombes Pol. Iriansyah, aksi mereka terbilang unik.

Betapa tidak, para pelaku melancarkan aksi tidak sembarangan. Mereka memilih hari tertentu yang dinilai membawa keberuntungan bagi mereka.

Aksi mereka selalu dilakukan tiga kali dalam sepekan, yakni pada Selasa, Jumat, dan Sabtu. Tak sekadar itu, kata Iriansyah, pelaku juga memiliki hitung-hitungan soal jam. Para pelaku berangkat dari Demak pukul 04.00 WIB dan beraksi pukul 17.30 WIB.

Advertisement

“Mereka masih memperhatikan klenik. Kata mereka kalau aksi dilakukan empat hari dalam sepekan akan membawa sial. Mungkin mereka punya dukun sendiri juga,” ucap Iriansyah sambil tersenyum.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif