Sport
Jumat, 5 September 2014 - 07:25 WIB

JELANG KUALIFIKSI EURO : Cedera, Arjen Robben Absen Bela Belanda

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gelandang serang andalan tim Belanda Arjen Robben absen. Ist/telegraph.co.uk

Solopos.com, AMSTERDAM — Striker Belanda, Arjen Robben, tampaknya tidak akan turut bertanding dalam laga kualifikasi Euro 2016 kontra Republik Ceska di Praha, Rabu (10/9/2014) nanti.

Pasalnya, pemain Bayern Munich itu masih menderita cedera pergelangan kaki. Robben bahkan tidak dipasang dalam laga persahabatan antara Belanda dan Italia, Jumat (5/9) dini hari.

Advertisement

Pelatih anyar Timnas Belanda, Guus Hiddink, mengaku masih kesulitan mengonfirmasi kondisi kesehatan Robben. Oleh sebab itu, dia tidak berani mencantumkan nama Robben dalam daftar skuat yang bakal dia turunkan di laga kualifikasi.

“Sepertinya sangat sulit, kami belum melakukan kontak apapun dengan dia [Robben]. Dia tidak berlatih, sehingga akan sangat sulit mempersiapkan dia untuk berlaga hanya dalam waktu beberapa hari sebelum pertandingan lawan Republik Ceska,” kata Hiddink, seperti dilansir Reuters, Kamis (4/9).

Selain itu, Hiddink juga dibuat cemas pada kondisi kesehatan striker Klaas-Jan Huntelaar. Pemain berusia 31 tahun itu dipastikan tidak bisa bertanding melawan Republik Ceska. Jan Huntelaar juga tidak turut memperkuat Belanda di laga uji coba melawan Italia.

Advertisement

“Dia [Jan Huntelaar] sedang sakit, bersedih, dan sangat merasa tidak baik. Telah diputuskan, dia tidak akan datang dalam pertandingan di Praha,” jelas suksesor Louis van Gaal itu.

Pasukan Hiddink juga diterpa badai cedera yang menimpa trio Ron Vlaar, Rafael van der Vaart, dan Jordy Clasie. Ketiganya dipastikan tidak akan turut bertanding dalam kualifikasi Euro, pekan depan.

Menurut Hiddink, skema 4-3-3 akan kembali diterapkan Belanda di pertarungan lawan Republik Ceska. Sebelumnya, Van Gaal memang lebih tertarik menggunakan pola 5-3-2 untuk mengantarkan skuat Oranje itu merebut peringkat ketiga di Piala Dunia 2014.

Advertisement

Skema racikan Van Gaal itu memang sempat menuai protes karena tidak sesuai dengan pakem permainan menyerang Belanda. Namun, manajer yang kini menukangi Manchester United itu mampu membuktikan kesuksesan dengan mengandalkan pola 5-3-2.

“Saya telah berdiskusi dengan para pemain penting dan kami memutuskan kembali menggunakan 4-3-3. Tidak ada yang mengejutkan soal itu,” kata Hiddink. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif