Soloraya
Jumat, 5 September 2014 - 03:30 WIB

HAJI 2014 : Pertamina Tambah Avtur ke DPPU Adi Soemarmo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat sewaan Garuda Indonesia melayani kelompok terbang pertama jemaah calon haji Embarkasi Solo, Senin (1/9/2014). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV menyiapkan tambahan hingga 7% alokasi avtur untuk penerbangan Haji 2014 di Bandara Adi Soemarmo. Penambahan avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Soemarmo dipatok 6.696 kiloliter (kl).

General Manager Pertamina MOR IV, Subagjo Hari Moeljanto, menyampaikan penambahan tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan selama penerbangan ibadah haji. Dia mengutarakan total avtur yang disiapkan Pertamina untuk kebutuhan semua pesawat di Bandara Adi Soemarmo selama musim Haji 2014 ini adalah 9.696 kl.

Advertisement

“Penambahan alokasi tambahan avtur musim haji kali ini meningkat 7% jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 6.225 KL meski kloter yang diberangkatkan sama, yakni 71 kloter,” ungkap Subagjo melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (4/9/2014).

Dia menyampaikan penambahan alokasi avtur tersebut dilakukan untuk memberikan keamanan pasokan bagi penerbangan haji 2014 di Bandara Adi Soemarmo. Menurut dia, rata-rata penyaluran avtur per bulan sebanyak 1.500 KL. Oleh karena itu, pada musim haji kali ini pihaknya memprediksi akan ada peningkatan sekitar 53% dari rata-rata kebutuhan normal.

Lebih lanjut, dia menyampaikan selain menjamin ketersediaan pasokan, pihaknya juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur tepat waktu. Hal tersebut karena sangat berpengaruh pada ketepatan waktu jadwal keberangkatan pesawat regular maupun khusus angkutan haji.

Advertisement

24 Jam
Oleh karena itu, pihaknya mengoperasikan DPPU selama 24 jam sehingga membentuk empat regu (tiga sif). Masing-masing sif diisi lima orang untuk fase I (pemberangkatan haji) dan enam orang pada fase II (pemulangan haji).

Jumlah crew operator refueling (CRO) juga ditambah sebanyak 13 orang. Selain itu, jumlah refueller avtur selama layanan penerbangan musim haji juga ditambah satu unit berkapasitas 12 kl dan satu unit berkapasitas 6 kl. “Kami juga menambah bridger [mobil tangki pengangkut avtur] dari Terminal BBM Rewulu di DPPU Adi Soemarmo dari empat bridger menjadi 11 bridger dengan kapasitas 272 kl,” kata dia.

Lebih lanjut disampaikan, penerbangan haji tahun ini Bandara Adi Soemarmo melayani 71 kelompok terbang (kloter) haji yang akan memberangkatkan 26.183 jemaah dari Jateng dan DIY. Selain melayani penerbangan komersial, DPPU Adi Soemarmo juga melayani pengisian avtur untuk TNI AU, TNI AD, Polri, dan sekolah penerbangan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif