News
Kamis, 4 September 2014 - 19:40 WIB

Yadi I Sutanandika Jabat Danlanud Adisutjipto

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komandan Lanud Adisucipto lama, Marsekal Pertama TNI Agus Munandar (kiri) berdampingan dengan Marsekal Pertama TNI Yadi I Sutanandika saat serah terima jabatan Komandan Alnud Adisucipto di Komplek Lapangan Udara Adisucipto, Berbah, Sleman, Kamis (4/9). Selanjutnya Marsekal Pertama TNI Agus Munandar menjabat Asisten Deputi Bidang Kood.Strategi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN – Komandan Pangkalan Lapangan Udara (Danlanud) Adisutjipto Jogja secara resmi dijabat oleh Marsma TNI Yadi I Sutanandika dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto Kamis (4/9/2014) pagi.

Yadi menggantikan Marsma TNI Agus Munandar yang mengemban tugas sebagai Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara 1 (Kas Koopsau 1).

Advertisement

Sertijab keduanya dipimpin oleh Komandan Komando Pendidikan TNI AU (Kodikau), Marsekal M. Nurullah.

Dalam sambutannya Komandan Kodikau menegaskan sertijab Danlanud Adisutjipto memiliki arti penting dan strategis bagi kesiapan tempur TNI AU, karena Lanud Adisutjipto berperan mendidik awak pesawat TNI khususnya penerbang dan navigator.

Karena itu, kata dia, pergantian pejabat baru harus dimaknai sebagai penajaman visi ke depan. Agar tugas, fungsi dan peran Lanud dapat diemban secara maksimal.

Advertisement

“Lanud Adisutjipto menghadapai tantangan tidak ringan. Sejalan dengan tuntutan profesionalisme akibat pesatnya perkembangan Iptek dirgantara di tengah keterbatasan kesiapan Alutsista [Alat Utama Sistem Senjata] yang ada. Karena itu instruktur [penerbang] selain harus well prepared juga harus selalu well informed di bidang ajarnya,” tegas Komandan Kodikau.

Sementara itu Marsma TNI Yadi I Sutanandika bertekad akan melanjutkan segala program yang sudah dijalan Danlanud sebelumnya. Selain itu akan melakukan inovasi kreatif yang mungkin belum dilakukan sebelumnya. Tetapi dengan menampung masukan dari berbagai pihak.

“Saya melanjutkan mudah-mudahan saya bisa meningkatkan. Soal inovasi itu relatif, sudah didahulu yang sudah baik kita jalankan. Karena ada hal baru mungkin belum sempat dan belum dilakukan beliau sebelumnya dan saya mohon masukan berbagai pihak,” ungkap peraih Adimakayasa AAU tahun 1986 ini.

Advertisement

Selama berkarir di TNI AU Yadi kerap menduduki jabatan penting. Termasuk pernah menjabat sebagai Komandan Wing Pendidikan Terbang (Wingdikter) Lanud Adisutjipto pada 2007 hingga 2008, Danlanud Supadio Pontianak pada 2008 hingga 2010 dan sejumlah jabatan lainnya.

Terakhir menjabat sebagai Asisten Deputi 1/II Bidang Koordinasi Strategi Politik Luar Negeri, Kemenko Polhukam sejak 2012 hingga kemudian dirotasi sebagai Danlanud Adisutjipto Jogja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif