News
Kamis, 4 September 2014 - 14:45 WIB

WABAH MERS : Perawat Filipina Positif Terinfeksi MERS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) (JIBI/Reuters)

Solopos.com, MANILA – Departemen Kesehatan Filipina (DOH) menegaskan seorang perawat Filipina yang kembali ke negara itu dari Arab Saudi dinyatakan positif terinfeksi Sindrom Pernafasan Virus Corona (MERS-CoV) Timur Tengah.

Menteri Kesehatan Enrique Ona mengatakan perawat Filipina itu pulang Jumat (29/8/2014) lalu, melalui Penerbangan SV 870 Saudia Airlines. Dia kemudian mengambil Cebu Pacific Penerbangan SJ 997 untuk pulang ke Kota General Santos di selatan Filipina.

Advertisement

“Perawat [terinfeksi] itu tinggal dengan perawat Filipina lain di [Provinsi Filipina utara] Bulacan sampai dengan penerbangan terjadwal ke Kota General Santos pada 31 Agustus,” kata Ona dalam jumpa pers pada hari Rabu (3/9/2014).

Dia mengatakan, kedua perawat kembali ke Filipina bersama-sama. Mereka diuji untuk Mers-CoV di Arab Saudi tetapi tidak menunggu hasil.

“Keduanya bekerja di rumah sakit yang sama di Dammam dan mereka diuji di sana. Kemarin, mereka diberitahu oleh atasan mereka yang salah satunya adalah positif [untuk Mers-CoV],” kata Ona.

Advertisement

Perawat yang terinfeksi, yang identitasnya tidak diungkapkan oleh Ona, dibawa ke Filipina Selatan Medical Center untuk diisolasi. Sampel obat tenggorokan yang dikumpulkan dari dia akan dianalisis.

Ona mengatakan DOH kini menghubungi penumpang lain dari Saudia Airlines dan penerbangan Cebu Pacific yang dilakukan oleh perawat Filipina untuk memantau kondisi mereka.

Mers-CoV adalah penyakit pernapasan yang sangat fatal dengan gejala demam, batuk, dan sering dengan diare.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif