Sport
Kamis, 4 September 2014 - 07:25 WIB

PREDIKSI ITALIA VS BELANDA : Debut Conte & Kesempatan Kedua Hiddink

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pertemuan antara Belanda vs Italia menjadi pertandingan menarik ditonton. Ist/Dok

Solopos.com, BARI— Italia dan Belanda sama-sama akan mengusung pelatih anyar sejak Piala Dunia 2014 saat kedua dipertemukan pada laga persahabatan di Estadion Ignacio Nicolas, Bari, Jumat (5/9/2014) pukul 01.45 WIB.

Italia akan didampingi allenatore Antonio Conte saat turun di Bari. Eks manajer Juventus tersebut menggantikan Cesare Prandelli yang legawa mundur dari jabatannya setelah Italia tersingkir pada fase grup di Brasil lalu.

Advertisement

Padahal, sebelumnya Prandelli telahmembubuhkan tanda tangan perpanjangan kontrak selama dua tahun yang memungkinkan dia menangi Italia hingga Euro 2016 di Prancis nanti.

Sementara Belanda akan dikawal Guus Hiddink. Eks pelatih PSV Eindhoven itu mendapatkan kesempatan kedua menakhodai De Oranje, julukan Belanda, setelah Louis van Gaal mundur untuk menukangi Manchester United setelah Piala Dunia lalu.

Tugas berat diemban Conte untuk memperbaiki skuat Gli Azzurri, julukan Italia. Mantan pemain Juventus tersebut tak tak hanya ingin merekunstruksi penampilan timnya. Namun, Conte juga berniat memperbaiki mental Azzurri yang secara mengejutkan tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014 meski pada laga pembuka mereka mengalahkan Inggris 2-1.

Advertisement

Belanda bisa menjadi tantangan besar bagi era baru Italia bersama Conte. Pada Piala Dunia lalu, De Oranje jelas-jelas memiliki penampilan yang lebih bagus ketimbang Gianluigi Buffon dkk., dengan menyabet juara ketiga di turnamen terakbar di dunia itu.

“Kami harus menjadikan pengalaman dengan antusiasme dan kebahagiaan, membawa Italia kembali ke tempat yang layak, karena setelah Brasil, kami adalah tim yang paling penting di dunia. Timku mesti rendah hati, bangga, dan tabah. Kami harus kembali menang demi fans. Di Bari, mereka akan menonton, dan 34.000 tiket terjual habis untuk laga persahabatan melawan Belanda dan ini membuatku bangga dan tertantang memberi respons balik,” jelas Conte, dilansir Soccerway, Rabu (3/9).

Conte tidak memasukkan bomber anyar Liverpool, Mario Balotelli, dalam skuatnya melawan Belanda. Sementara Giorgio Chiellini, Gabriel Paletta, dan Daniel Osvaldo, terpaksa mengundurkan diri karena cedera.

Advertisement

Setali tiga uang, Belanda juga tak bisa menurunkan skuat terbaiknya. Gelandang serang Arjen Robben, Klaas Jan Huntelaar, dan Rafael van der Vaart bakal absen karena kondisinya tidak fit. Sementara Jordy Claisie dan Ron Vlaar masing-masing dililit cedera hamstring dan betis. Untuk menambal pos-pos yang ditinggalkan sederet pemain itu, Hiddink memanggil di antaranya pemain Celtic, Virgil van Dijk dan penggawa Paris Saint-Germain, Gregory van der Wiel.

Berbeda dengan Conte yang baru kali pertama membesut timnas, Hiddink pernah membawa De Oranje finis keempat pada Piala Dunia 1998. Di kesempatan keduanya bersama De Oranje, Hiddink memiliki tugas membawa Belanda sukses lolos ke putaran final Euro 2006. Daley Blind dkk. bakal memulai kampanyenya pada babak kualifikasi dengan bertandang ke markas Rep. Cheska, Selasa (10/9) pekan depan. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif