Soloraya
Kamis, 4 September 2014 - 17:15 WIB

IDUL ADHA 2014 : Antisipasi Cacing Hati, 200 Sapi di Sukoharjo Divaksin

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Solopos/Iskandar)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sekitar 200 ekor sapi milik warga Desa Mertan dan Desa Mojorejo Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, divaksin oleh Dinas Pertanian (Dispertan) setempat, Kamis (4/9/2014). 

“Obat yang kami berikan adalah obat cacing, vitamin, dan obat pemberantasan parasit dan gangguan reproduksi,” ujar Kepala UPTD Poskeswan Leni Sri Lestari ketika ditemui wartawan di sela-sela vaksinasi di Mertan, Bendosari, Sukoharjo, Kamis.

Advertisement

Sebelumnya pihaknya telah melaksanakan hal serupa pada 2014 yaitu Bulan Mei, Juni, dan Agustus lalu. Khusus yang terakhir bulan ini, kata dia, dilaksanakan juga dalam rangka persiapan menghadapi Idul Adha dengan fokus pemberantasan penyakit cacing hati.

Leni menjelaskan, cacing hati yang ada di dalam tubuh sapi merugikan karena menyerap sari makanan. Kondisi tersebut menyebabkan tingkat kesehatan dan kesuburan bisa berkurang.

Salah seorang pemilik sapi setempat, Tugiyo, 60, menyabut baik vaksinasi di desanya. Karena dengan demikian dia tak perlu bersusah payah memvaksinkan sapi ke tepat lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif