Jogja
Rabu, 3 September 2014 - 01:20 WIB

Warga DIY Diminta Prioritaskan Tanaman Serbaguna, Ini Jenis yang Direkomendasikan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bibit tanaman (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat di daerah ini melestarikan hutan tanaman rakyat dengan memprioritaskan menanam tanaman serbaguna.

Kepala Seksi Konservasi dan Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Niken Aryati mengatakan tanaman serbaguna terbukti efektif mendukung perluasan hutan tanaman rakyat di Indonesia, karena masyarakat dapat langsung menuai hasilnya.

Advertisement

“Dengan menanam tanaman serbaguna, maka masyarakat bisa langsung menuai hasilnya tanpa menebang pohon, sehingga orientasinya bukan hanya melestarikan hutan rakyat, namun juga memperbaiki taraf ekonomi masyarakat,” kata dia.

Menurut Niken, tanaman serbaguna yang direkomendasikan untuk dikembangkan oleh masyarakat misalnya pohon nangka, durian, sukun, alpukat, jambu, serta melinjo.

“Selain bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan kayu, juga bisa memanfaatkan daun-daunan sebagai pakan ternak, serta buah-buahan untuk dijual tanpa menebang pohonnya,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif