Jogja
Rabu, 3 September 2014 - 23:20 WIB

PILKADA GUNUNGKIDUL : Kapan Hari Pencoblosan?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul belum menentukan kapan pelaksanakaan pemilihan kepala daerah pada 2015 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Gunungkidul Zainuri Ikhsan dalam rapat koordinasi evaluasi Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden 2014 dan persiapan Pilkada 2015.

Advertisement

“Rapat ini hanya berkoordinasi, untuk penentuan tanggalnya akan dikonsultasikan lebih lanjut dengan KPU DIY,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/9/2014).

Menurut dia, sesuai dengan Peraturan KPU No 9/2010 tentang Pedoman Penyusunan Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, maka pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan dua bulan sebelum masa jabatan bupati berakhir.

“Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul akan berakhir pada 28 Juli 2015, sehingga pelaksanaannya akan dilaksanakan dua bulan sebelum batas waktu tersebut,” ungkapnya.

Advertisement

Ikhsan menjelaskan, penetapan tanggal pencoblosan dilakukan dua putaran sekaligus. Rencananya, putaran pertama akan dilaksanakan pada medio akhir April hingga awal Mei. Sementara, untuk putaran kedua kemungkinan besar dilaksanakan pada 28 Juni 2015.

“Masih kami koordinasikan, kemungkinan untuk putaran pertama dilaksanakan pada 10 sampai 17 Mei 2014,” ungkapnya.

Dia menambahkan, penetapan hari H pencoblosan tidak serta merta ditentukan. Pasalnya, momen pencoblosan berdekatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, pemilihan tanggal pencoblosan juga dihindarkan bertepatan dengan hari-hari keagamanan dan peringatan nasional lainnya.

Advertisement

“Kemungkinan dengan Sleman dan Bantul akan serempak. Tapi, untuk tanggalnya juga akan dikoordinasikan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif