Jateng
Rabu, 3 September 2014 - 06:50 WIB

DAMPAK KENAIKAN HARGA : Agustus, Inflasi Kudus di Atas Nasional dan Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kanalsemarang.com, KUDUS—Tingkat inflasi bulan Agustus 2014 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tercatat sebesar 0,58% atau lebih tinggi dibanding dengan tingkat inflasi nasional pada bulan yang sama sebesar 0,47%.

Advertisement

“Selain itu, tingkat inflasi di Kudus juga lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat inflasi Jateng pada bulan Agustus 2014 sebesar 0,45 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statisitik (BPS) Kudus, Endang Tri Wahyuningsih seperti dikutip Antara, Selasa.

Inflasi bulan Agustus 2014, katanya, juga lebih rendah dibandingkan dengan bulan Juli 2014 di Kudus yang mengalami inflasi sebesar 0,81%.

Ia mengatakan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok komoditas.

Advertisement

Di antaranya, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,03%, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 2,14%, serta kelompok sandang 0,25%.

Sementara kelompok kesehatan 0,15 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 3,64%, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,22%, serta kelompok bahan makanan sebesar 0,90 persen.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif