Jateng
Rabu, 3 September 2014 - 05:50 WIB

ANTISIPASI BANJIR : Pemkot Semarang Diminta Segera Bongkar Replika Kapal Cheng Ho

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stasiun Tawang, Semarang (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

 

Ilustrasi Stasiun Tawang, Semarang (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Advertisement

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Anggota DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono kembali mendesak Pemerintah Kota Semarang segera membongkar replika kapal Cheng Ho yang dibangun di atas Kali Semarang.

“Tenggat waktunya [pembongkaran] kan akhir Agustus 2014, sudah lewat. Ya, segeralah bongkar. Sebelum musim hujan harus dibongkar,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (2/9/2014).

Persoalannya, kata dia, tidak hanya berhenti pada pembongkaran replika kapal Cheng Ho yang ada di depan Kelenteng Tay Kak Sie, tetapi diikuti dengan normalisasi sungai yang ada di kawasan itu.

Advertisement

Apalagi, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan sebentar lagi memasuki musim hujan sehingga harus disiapkan antisipasi terhadap banjir, salah satunya normalisasi sungai.

“Itu [pembongkaran replika kapal Cheng Ho] kan sudah dianggarkan. Setelah komisi-komisi [di DPRD Kota Semarang] terbentuk sebentar lagi, kami akan klarifikasi ke Pemkot,” katanya.

Berkaitan wacana relokasi replika kapal itu mengingat aspek kesejarahan Laksmana Cheng Ho di Semarang, Agung tidak mempermasalahkan, asalkan pemindahannya ke lokasi yang tidak mengganggu aliran sungai.

Advertisement

Pemkot Semarang tengah mengomunikasikan pembongkaran replika kapal Cheng Ho Semarang dengan pihak Yayasan Tay Kak Sie karena sudah melewati toleransi waktu yang diberikan, yakni akhir Agustus 2014.

“Kami tengah berupaya berkomunikasi dengan pihak yayasan [Yayasan Tay Kak Sie] terkait pembongkaran replika kapal Cheng Ho,” kata Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Tri Hananto.

Ia menjelaskan komunikasi dilakukan untuk memastikan pembongkaran akan dilakukan sendiri oleh yayasan atau diserahkan pembongkarannya kepada Pemkot Semarang karena sudah disiapkan anggaran pembongkaran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif