Jateng
Selasa, 2 September 2014 - 21:50 WIB

PENAMBANGAN PASIR MERAPI : Pemkab Magelang Baru Bisa Tertibkan Penambang Manual

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - kegiatan penambangan pasir lereng Merapi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

kegiatan penambangan pasir lereng Merapi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Kanalsemarang.com,MAGELANG—Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akan melanjutkan penertiban aktivitas penambangan pasir dari Gunung Merapi, baik yang menggunakan alat berat maupun secara manual namun belum mendapatkan izin.

Advertisement

“Penambangan dengan alat berat tidak diperbolehkan, kami hanya menerbitkan izin untuk penambangan manual,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Magelang, Agung Trijaya setelah menerima audiensi para penambang pasir Merapi secara manual seperti dikutip Antara, Selasa (2/9/2014).

Berdasarkan Peraturan Bupati Magelang No.6/2014 tentang Usaha Pertambangan, katanya, khusus penambangan dengan menggunakan alat berat di berbagai tempat di kawasan itu tidak diperbolehkan.

Terkait dengan kegiatan penambangan secara manual, pemkab setempat telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengurus izin operasional melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu serta Dinas Pekerjaan Umum, Energi, Sumber Daya Mineral Kabupaten Magelang.

Advertisement

“BPMPPT dan DPUESDM segera memproses izin penambangan manual untuk yang mengajukan. Untuk yang di wilayah sungai, kemungkinan bisa turun sekitar tiga minggu, sedangkan di luar wilayah sungai mungkin bisa lebih cepat karena tidak butuh rekomendasi dari BBWSSO [Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak],” katanya.

Namun hingga kini belum satu pun penambang manual yang mengajukan izin. Pemkab akan menindak tegas dan berkelanjutan terhadap penambang manual yang tidak mengurus izin kegiatannya.

“Nanti akan ada prosedur penanganan terhadap penambang yang tidak berizin, yang tertangkap, meskipun penanganannya tidak seberat penindakan yang sesuai undang-undang,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif