Jogja
Selasa, 2 September 2014 - 10:20 WIB

KASUS HIBAH PERSIBA BANTUL : Kejati Terima Laporan Resmi Hasil PKN

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TEATRIKAL AKSI MELAWAN KORUPSI

Harianjogja.com, JOGJA-Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY sudah menerima laporan resmi hasil penghitungan kerugian negara (PKN) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan  DIY. Namun, laporan PKN dalam kasus dugaan korupsi hibah klub sepak bola Persiba Bantul tersebut masih dipelajari penyidik.

“Tadi [kemarin] laporan resmi tertulis dari BPKP sudah kita terima,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DIY Azwar saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (1/9/2014)

Advertisement

Mengenai hasil, Azwar mengaku belum bisa menyampaikan laporan PKN dari BPKP kepada publik dengan alasan masih dipelajari dan dievaluasi dengan hasil penyidikan oleh tim penyidik.

“Masih kita pelajari,” kata dia.

Sebelumnya Azwar mengungkapkan kerugian keuangan negara yang diaudit BPKP angkanya hampir mencapai Rp1 miliar. Pernyataan Azwar pada 28 Agustus, pekan lalu ini baru sebatas laporan secara lisan dari BPKP, dan angka kerugian negara versi BPKP tersebut diakui Azwar tidak jauh berbeda dengan hasil PKN yang dilakukan tim penyidik dari Kejati.

Advertisement

Dalam kasus tersebut dua orang ditetapkan tersangka yaitu mantan Bupati Bantul dan politisi senior PDIP Idham Samawi serta mantan Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Bantul Edy Bowo Nurcahyo pada Juli 2013 lalu. Keduanya disangka telah menyelewengkan dana APBD 2012 untuk klub sepak bola Persiba Bantul Rp12,5 miliar. Saat itu Idham menjabat sebagai Manager Umum Persiba Bantul dan Ketua KONI Bantul.

Azwar menambahkan jika dalam proses evaluasi hasil PKN dengan hasil penyidikan  sudah cukup untuk menyimpulkan tentang tindak pidana korupsi yang disangkakan berdasarkan unsur tindak pidana tersangka, maka proses selanjutnya tinggal pra penuntutan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif