Sport
Selasa, 2 September 2014 - 03:25 WIB

BWF WORLD CHAMPIONSHIPS 2014 : Gagal Total, Indonesia Evaluasi Besar-besaran

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KOPENHAGEN— Ajang BWF World Championships 2014 telah berakhir. Tim bulu tangkis Indonesia hanya mampu membawa pulang satu medali perunggu lewat wakil tunggal putra, Tommy Sugiarto. Sementara pasangan ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, belum berhasil memenuhi target pertama ke babak semifinal setelah dihentikan pasangan Jepang di babak perempat final.

“Secara keseluruhan hasil yang dicapai pemain Indonesia cukup baik, walaupun ada beberapa yang targetnya belum tercapai seperti ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Namun, sektor ganda putri juga mencatat prestasi cukup baik lewat pasangan Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris yang mengalahkan unggulan pertama dari Tiongkok,” ungkap Manajer Tim Indonesia, Lius Pongoh, dilansir badmintonindonesia.org, Senin (1/9/2014) WIB.

Advertisement

Menurutnya, di tunggal putra sejak awal Tommy Sugiarto memang menjadi andalan. Target Tommy minimal ke babak semifinal dan dia sudah mencapai target tersebut. Akan tetapi, dari lima wakil yang lolos ke perempat final, pihaknya sebetulnya berharap setidaknya ada dua utusan yang menembus semifinal.

Selain itu, ia menilai sebenarnya Tommy punya peluang untuk rubber game saat menghadapi Chen Long. Sayangnya, ia harus terpeleset di game kedua. Di samping itu, ia menyesalkan keputusan wasit yang menolak permintaan Tommy agar lapangannya dikeringkan.

“Greysia/Nitya juga sebetulnya punya peluang saat melawan Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda. Kalau melawan pasangan Jepang intinya jangan membuat kesalahan sendiri, tetapi ini malah mati-mati sendiri,” imbuhnya.

Advertisement

Sedangkan penampilan Anggia/Della di turnamen ini dinilai cukup baik. Kedua pemain ini dianggap punya prospek ke depannya. Akan tetapi, ganda putra, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, juga belum maksimal. Keduanya terlihat bermain di bawah tekanan. Sementara Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan kurang berani dan tak percaya diri.

“Penampilan Bellaetrix [Manuputty] tidak seperti biasanya. Awalnya kami mengira dia sedang sakit atau cedera, ternyata memang dia mengaku tidak bisa mengeluarkan kemampuannya. Linda [Wenifanetri] pun kemampuan tekniknya sama seperti Bella, tetapi kakinya agak berat jika dapat bola di belakang, dia sering terlambat kembali ke depan lapangan,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement

Manajer Tim Indonesia, Lius Pongoh menyatakan PBSI akan melakukan evaluasi atas kegagalan tim. Ist/L

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif