Jogja
Senin, 1 September 2014 - 23:40 WIB

Usai Pertunjukan di Depan SBY, JAT Tiba di Lanud Adisutjipto

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU terbang di atas Lanud Palembang, Senin (3/2/2014). Tim aerobatik kebanggaan TNI AU ini akan tampil di ajang Singapore Airshow 2014. (JIBI/Solopos/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN – Tim Aerobatik TNI AU The Jupiter Aerobatic Team (JAT) tiba di home base Lapangan Udara (Lanud) Adisutjipto Senin (1/9/2014) usai atraksi udara di Jakarta dalam rangka Independence Day Run 2014 Minggu (31/8/2014) lalu.

Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor Hamdi Londong menjelaskan selama lima hari di Jakarta JAT melakukan latihan di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Advertisement

Yakni dari tanggal 27 Agustus, kemudian 31 Agustus 2014 JAT tampil di langit tepat atas Monas yang disaksikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara Independence Day Run 2014.

Selama di Jakarta, lanjut dia, The Jupiters juga menggelar atraksi udara di Lanud Halim disaksikan pelajar yang mengikuti kejuaran Basket memperebutkan Piala Danlanud Halim Perdanakusuma serta statik show di Skadron Udara 45.

“Untuk ikut memeriahkan acara Independence Day Run 2014 JAT melakukan 18 manuver andalannya dihadapan masyarakat dan para pelajar SLTA sebagai bentuk dari sosialisasi pembinaan potensi kedirgantaraan,” terangnya dalam rilis yang dikirim kepada Harian Jogja, Senin (1/8/2014).

Advertisement

Para penerbang The Jupiters, lanjutnya, merupakan para intruktur Sekolah Penerbang TNI AU Wingdikterbang Lanud Adisutjipto Jogja. Mereka rata-rata penerbang berbagai jenis pesawat tempur seperti F-16, F-5, Hawk 100/200, C-130 hercules dan penerbang helikopter EC-120 Colibri.

“JAT menggunakan pesawat turboprop engine KT-1B Woong Bee pabrikan Korea Aerospace Industries,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif