Teknologi
Senin, 1 September 2014 - 23:15 WIB

SMARTPHONE MURAH : Ponsel Murah Android Serbu Indonesia, Ini Dia!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peluncuran Smartfreen Qwerty, Senin (25/8/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SURABAYA–Smartphone murah semain menyerbu Indonesia. Termasuk ponsel murah Andorid. Dalam beberapa tahun terakhir ini smartphone berbasis android tengah digandrungi oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali segmen menengah ke bawah yang dimanjakan dengan ponsel pintar harga terjangkau.

Pasar dalam negeri pada segmen menengah ke bawah yang masih sangat besar dinilai menjadi potensi menggiurkan bagi para produsen ponsel terutama dari China yang gencar meluncurkan smartphone android berbagai tipe dan merk dengan harga di bawah Rp1 juta.

Advertisement

Baru-baru ini produsen ponsel asal China dengan merek K-Touch meluncurkan smartphone seri Palagio II yang dibanderol dengan harga Rp499.000.

Manager Marketing K-Touch Indonesia Andy Tanujaya mengatakan dengan budget Rp500.000, rata-rata ponsel Android yang didapatkan di pasaran sudah memiliki Dual Core, tetapi RAM nya hanya 256 MB.

Palagio II ini walau cuma Single Core dengan kecepatan 800 MHz, tapi RAM yang dimiliki lebih besar, yakni 512 MB. Sehingga aplikasi-aplikasi yang akan dibuka tidak akan mengalami lag atau force closed karena RAM nya tidak mencukupi,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (1/9/2014).

Advertisement

Dia menambahkan, prosesor Palagio II menggunakan Qualcomm buatan Amerika. Prosesor tersebut merupakan CPU Android yang paling sering digunakan oleh banyak produsen smartphone ataupun tablet Android.

Selain itu, pada smartphone tersebut dilengkapi dengan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang menjadi aplikasi favorit orang Indonesia.

Smartphone Android
Beberapa waktu lalu, PT Smartfren Telecom Tbk juga terus membidik segmen menengah ke bawah dengan terus meluncurkan smartphone seharga di bawah Rp1 juta.

Advertisement

Hartadi Novianto, Kepala Departemen Bundling Produk Smartfren, mengatakan perseroan melihat pasar saat ini menginginkan alat telekomunikasi yang canggih dan serba bisa terutama kelengkapan aplikasinya dengan harga yang terjangkau.

“Segmen menengah bawah ini lah sebenarnya yang sangat potensial, untuk itu kami terus mengeluarkan produk smartphone baru yang harganya bisa dijangkau seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ada sekitar 6 tipe smartphone yang ditawarkan Smartfren tahun ini dengan harga di bawah Rp1 juta, salah satunyaSmartfren Andromax G2 Touch Qwerty seharga Rp999.000. Untuk menarik penggunanya, Andromax G2 Touch qwerty pun dilengkapi dengan aplikasi BBM.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif