News
Senin, 1 September 2014 - 23:30 WIB

Berwisata Membawa Ganja, Muda Mudi Diamankan Polres Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ganja (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Jajaran Satuan Narkoba Polres Gunungkidul berhasil mengamankan tiga orang pemuda yang kedapatan membawa narkoba jenis ganja.

Ketiga pelaku RS, RY dan DT mengaku mengkonsumsi barang haram tersebut. Sementara, seorang wanita TM menyangkal menggunakan barang tersebut.

Advertisement

“Ini masih keterangan awal, sedang untuk memastikan kebenaran empat terduga akan dilakukan tes urine,” kata Kepala Satuan Narkoba Polres Gunungkidul AKP Sugeng Riyadi kepada wartawan, Sening (1/9/2014).

Sugeng menjelaskan, penangkapan ini bermula dari operasi cipta kondisi yang rutin digelar jajaran Polres Gunungkidul, kemarin sekitar pukul 10.00 WIB. Seluruh kendaraan yang melintas di area Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Gading, Playen.

Saat melakukan pemeriksaan terhadap sebuah mobil Toyota Avanza B 1226 SCK, keempat orang tersebut memperlihatkan gerak gerik mencurigakan. Tanpa berpikir lama, petugas langsung melakukan pemeriksaan lebih itensif.

Advertisement

Hasilnya, dalam mobil tersebut ditemukan satu putung ganja seberat 0,16 gram serta ranting ganja yang tersimpan dalam bungkus rokok seberat 4,76 gram.

“Untuk pengembangan lebih jauh mereka kami giring ke Mapolres,” katanya.

TM, salah seorang wanita yang ikut diamankan dalam peristiwa itu mengaku tidak mengkonsumsi ganja. Menurutnya, tujuan ke Gunungkidul hanya untuk bermalam di Pantai Drini. Namun, saat akan pulang ada razia dan di mobil yang ditumpanginya terjaring dalam operasi tersebut.

Advertisement

“Jujur demi Tuhan saya tidak mengkonsumsinya. Saya juga tidak tahu keberadaan barang-barang tersebut,” aku Mahasiswi asal Palembang itu.

Atas perbuatannya tersebut, maka seluruh pelaku diancam Undang-Undang No 35/2009 tentang Narkotika. Apabila terbukti maka mereka dapat ancaman hukuman maksimal 12 tahun kurungan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif