News
Minggu, 31 Agustus 2014 - 07:15 WIB

TEKNOLOGI NUKLIR INDONESIA : Perlu Edukasi Sejak Dini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Edukasi sejak dini merupakan solusi efektif dalam mensosialisasikan pemanfaatan teknologi nuklir di Indonesia.

Pengajar tenologi nuklir dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Susetyo, mengatakan kunci keberhasilan pengembangan teknologi nuklir di Indonesia kuncinya terletak pada edukasi. Adapun di Indonesia, kata dia, masyarakat belum diedukasi secara lebih baik terkait pengenalan teknologi nuklir.

Advertisement

“Kita lihat di kurikulum di sekolah dasar hingga perguruan tinggi, minim sekali dengan tekologi. Berbeda jauh dengan negara maju yang sudah mengenalkan nuklir dari anak SD,” terangnya  dalam sosialisasi Majelis Pertimbangan Tenaga Nuklir dihadapan para perwakilan akademisi, mahasiswa dan tokoh masyarakat di Hotel Jayakarta, Kamis (28/8/2014).

Dia menambahkan sosialisasi perngembangan dan pemanfaatan teknologi nuklir tidak cukup hanya lewat media internet karena tidak semua masyarakat bisa menjangkau. Dia mengusulkan agar pemerintah lebih menekankan pada pengembangan kurikulum di sekolah.

“Edukasi dengan masyarakat mulai dari bawah, pemahaman tentang nuklir jauh akan lebih baik. Selama ini kita hanya mengenal nuklir dari pelajaran sejarah, bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, sehingga ketakutan yang muncul,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif