News
Sabtu, 30 Agustus 2014 - 11:15 WIB

SOLOPOS HARI INI : Mega Dorong Kenaikan Harga BBM hingga Keberangkatan Calon Haji ke Tanah Suci

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 30 Agustus 2014

Solopos.com, SOLO – Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (30/8/2014), memberitakan alasan Megawati Soekarnoputri mendorong pemerintah menaikkan harga BBM. Dia menegaskan PDIP pernah menolak kenaikan BBM dengan hitung-hitungan yang masuk akal, tak asal tolak karena kepentingan politis.

Kabar lain datang dari ibadah haji. Kementerian Agama (Kemenag) segera memberangkatkan calon haji (calhaj) tahun ini secara periodik. Kelompok penerbangan (kloter) pertama akan diberangkatkan pada Senin (1/9/2014) dari sembilan embarkasi haji.

Advertisement

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 30 Agustus 2014 berikut:

PEMERINTAHAN BARU: Mega Dorong Harga BBM Naik

Pernah menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), kini PDI Perjuangan (PDIP) getol mendesak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengerek harga BBM. Namun SBY mengaku tidak akan menaikkan harga BBM pada akhir masa jabatannya.

Advertisement

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, memberi penjelasan atas perubahan sikap partainya ini. Megawati menjelaskan PDIP pernah menolak kenaikan harga BBM karena saat itu dia menilai masih mungkin dilakukan penundaan. Dia menegaskan PDIP pernah menolak kenaikan BBM dengan hitung-hitungan yang masuk akal, tak asal tolak karena kepentingan politis.

”Di mana yang pada waktu itu, kenyataannya bisa ditahan dalam subsidi. Ya kami katakan, ini hlo reason-nya. Bukan berarti ketika kami asal menolak. Kami berkalkulasi secara nyata, jangan kira kami tidak konsekuen,” kata Megawati di acara pembubaran Tim Pemenangan Jokowi-JK di posko relawan, di Jakarta, Jumat (29/8).

(Baca: Dulu PDIP Menolak, Kini Mendesak BBM Naik, Ini Kata Megawati, Jokowi dan Elite PDIP Beda Pendapat Soal Kenaikan Harga BBM)

Advertisement

(Baca Juga: Mega Instruksikan Penolakan [2013], Megawati Arahkan FPDIP Tolak Kenaikan Harga BBM [2012])

KONSER MUSIK: Lewat Lirik Romantis, Kla Project Sihir Klanis

Puitis, romantis, dan secara magis menebar semangat buat para Klanis, sebutan bagi penggemar Kla Project. Begitulah kesan yang tertinggal saat menyaksikan Kla Project Love and Peace Concert yang di gelar di Soemardjo Grand Ballroom The Sunan Hotel Solo, Jumat (29/8) malam.

Band yang digawangi Katon Bagaskara (vokal dan gitar), Lilo Romulo (gitar dan vokal latar), dan Adi Adrian (keyboard) ini mem buka penampilan mereka dengan lagu bertema energik nan ceria bertajuk Satu Kayuh Berdua dan Terkenang.

Semangat seribuan penonton yang telah menantikan konser musik tersebut selama 2,5 jam langsung bergelora menyambut kehadiran idolanya yang telah 19 bulan absen menyambangi Kota Bengawan itu.

Happy enggak malam ini? Kami percaya setiap kami happy di panggung, teman-teman semua bisa ikutan happy. Mari jemput kebahagiaan kita,” tutur Katon menyapa penggemarnya.

(Baca Juga: Di Solo, 1,5 Jam Kla Project Sihir Klanis)

BENDA CAGAR BUDAYA: Monumen PGRI Riwayatmu Kini

Pada 1952, di sebuah aula yang kini digunakan sebagai salah satu ruangan di SMPN 10 Solo, berdiri organisasi guru yang dikenal dengan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Bagaimana kondisi bangunan itu kini, berikut laporan wartawan Solopos, Bayu Jatmiko Adi.

Berada di kompleks SMPN 10 Solo, dari Jl. Kartini, keberadaan Monumen Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tidak begitu tampak. Sebagian tertutup oleh pagar SMPN 10. Untuk memasuki kawasan monumen, harus memasuki gerbang SMPN 10 terlebih dahulu. Karena memang tidak ada akses khusus menuju monumen yang diresmikan pada 2007 lalu oleh Wakil Presiden kala itu, Jusuf Kalla.

(Baca Juga: Ini Dia Sejarah Panjang Monumen PGRI di Solo…, Pemerintah Pusat Abai, Monumen PGRI Dirawat Pemkot dan Sekolah, Rencana Pembangunan Museum PGRI Tak Lagi Terdengar…)

IBADAH HAJI: Senin, Calhaj Bertolak ke Tanah Suci

Kementerian Agama (Kemenag) segera memberangkatkan calon haji (calhaj) tahun ini secara periodik. Kelompok penerbangan (kloter) pertama akan diberangkatkan pada Senin (1/9) dari sembilan embarkasi haji.

”Keberangkatan secara nasional menuju Arab Saudi mulai 1 September 2014 untuk sembilan embarkasi,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (29/8).

Kesembilan embarkasi tersebut adalah Medan, Batam, Padang, Jakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Sementara kloter terakhir akan diberangkatkan pada 28 September. Tanggal tersebut, menurut Lukman, adalah tanggal terakhir yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk masuk ke negara itu.

(Baca Juga: “Calhaj Harus Dapat Manfaat Langsung dari Setoran Dana Haji”, 14 Anggota Pamit Haji, 577 Calhaj Asal Solo akan Berangkat dalam Dua Kloter)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif