Teknologi
Sabtu, 30 Agustus 2014 - 22:31 WIB

PENEMUAN BARU : Tabrakan Dua Asteorid Hadirkan Bumi Baru?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hasil tabrakan asteorit yang diprediksi lahirkan planet baru (dailymai.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Peneliti National Aeronautics and Space Administration (NASA) melihat letusan besar berisi debu yang terletak di sekitar bintang muda.

Mereka percaya bahwa debu tersebut merupakan hasil dari tabrakan dua asteroid besar. Dari hasil tabrakan itu mereka percaya dapat membentuk sebuah planet baru menyerupai Bumi.

Advertisement

Debu yang berada di sekitar bintang berusia muda itu telah masuk daftar observasi NASA sejak tahun 2012. Penelitian tersebut dilakukan lantaran bintang tersebut dinilai cukup aktif menghasilkan debu-debu di luar angkasa yang terletak dalam orbit bintang NGC 2547-ID8.

“Kami pikir dua asteroid besar menabrak satu sama lain, menciptakan awan besar seukuran pasir yang  sangat halus. Tapi ternyata yang terjadi sekarang merupakan bentuk dari hantaman menjadi berkeping-keping dan perlahan-lahan menjauhi bintang,” kata mahasiswa pascasarjana Huan Meng dari University of Arizona, Tucson, Amerika Serikat.

Daily Mail, Kamis (28/8/2014), melaporkan dari pengamatan yang dilakukan dengan teleskop Spliter, peneliti menemukan kumpulan debu asteroid saat mengorbit ke daerah bintang-bintang yang kerap melahirkan planet berbatu.

Advertisement

Bukan sebuah hal yang baru memang, mengingat orbit planet yang terletak dekat sebuah bintang muda seringkali membentuk planet yang mirip dengan Bumi.

Sejumlah peneliti NASA saat ini masih mengamati proses terbentuknya pembentukan planet tersebut secara langsung menggunakan teleskop. Penelitian ini dipicu dengan berubahnya debu menjadi sebuah tunas planet baru.

Jika planet tersebut dapat  tumbuh dengan sempurna, maka diperkirakan cikal planet itu akan berubah menjadi planet beukuran besar dalam 100 juta tahun kemudian.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif