Jogja
Sabtu, 30 Agustus 2014 - 03:21 WIB

Mesin Rusak, Produksi AirKu Terhenti

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprpgo, dr.Hasto Wardoyo menunjukkan produk air mineral dalam kemasan milik Kulonprogo AirKu (http://beliindonesia.com)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Mesin produksi air mineral dalam kemasan milik Kulonprogo AirKu rusak sejak Selasa, (26/8/2014). Akibatnya, tidak ada produksi AirKu sampai dengan hari ini. Persediaan di pasaran pun kian menipis dan dikhawatirkan jika hal ini berlangsung lama akan mengganggu kegiatan di lingkup Pemkab Kulonprogo yang berlandaskan bela-beli Kulonprogo.

Kepala Unit PDAM Tirta Binangun Clereng Susanto membenarkan produksi AirKu terhenti sejak empat hari lalu karena mesin produksi tidak bisa beroperasi. Kerusakan suku cadang mesin, kata dia, menyebabkan mesin perekat penutup gelas tidak menghasilkan panas sehingga tidak dapat berfungsi.

Advertisement

“Ada suku cadang yang harus diganti sebab alat mesin perekat tutup air mineral tidak lagi panas dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya,” ujarnya, Jumat (29/8/2014).

Dijelaskannya, hal ini sudah dilaporkan ke PDAM Tirta Binangun dan sedang dalam proses memesan onderdil dari Surabaya. Ia juga tidak mengetahui secara pasti kapan suku cadang tersebut akan dikirim ke Kulonprogo. Ia mengakui kerusakan mesin ini baru pertama kali terjadi sepanjang produksi AirKu. AirKu yang diluncurkan pada tahun lalu rata-rata diproduksi 100 dus per hari dan dipasarkan melalui PD Aneka Usaha.

Bagian Pemasaran PD Aneka Usaha Suparman menyebutkan sudah tiga hari tidak mendapatkan pasokan AirKu. Menurut kabar yang diterimanya, produksi AirKu terhenti karena mesin rusak. Sampai dengan hari ini, terangnya, masih tersisa 30 dus AirKu yang masing-masing berisi 48 gelas air mineral ukuran 200 mililiter.

Advertisement

“Kalau untuk disetor ke 13 agen yang terdapat di 12 keecamatan sudah tidak memungkinkan, jadi kami memilih untuk menunda distribusi ke agen-agen sampai produksi kembali normal,” jelasnya.

Ia juga tidak menampik, beberapa agen sudah kehabisan persediaan AirKu, namun PD Aneka Usaha juga tidak dapat berbuat apa-apa karena bergantung pada pasokan dari Clereng. Terkait kerugian, ia memperkirakan penurunan omzet mencapai jutaan rupiah mengingat satu dus AirKu dijual seharga Rp15.000 sampai Rp17.000 ditingkat eceran.

Kepala PDAM Tirta Binangun Kulonprogo Jumantoro mengatakan perbaikan mesin produksi AirKu bergantung dari ketersediaan suku cadang yang sedang dipesan di Surabaya. Keberadaan mesin yang spesifik mengakibatkan suku cadang sulit dicari.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif